Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2018
Analisis Efektivitas Iklan Bukalapak.Com Pada Media Televisi
Analysis Of Effectiveness Bukalapak.Com Advertising On Television Media
Tugas Akhir, 017 / 2018 / MPEUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2019-02-08 15:41:42
Oleh : Juwono Estiko Ramadhi - 155231015 (crazy.thiko10@gmail.com)
Dibuat : 2019-02-08, dengan 4 file
Keyword : Iklan, model EPIC, BukaLapak.com
Subjek : Advertising, EPIC model, BukaLapak.com
Perusahaan e-commerce harus memperhatikan efektivitas iklan yang di buatnya untuk menghadapi persaingan dengan perusahaan e-commerce lainnya. Iklan yang dibuat oleh perusahaan e-commerce belum tentu efektif karena diperlukan penelitian yang lebih khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif iklan yang dibuat oleh BukaLapak.com pada media televisi. Media iklan pada penelitian ini merupakan bentuk komunikasi yang paling komprehensif. Iklan yang ditayangkan berupa video berdurasi kurang lebih 1 menit yang ditampilkan pada media televisi dengan tujuan pesan yang ada didalam iklan tersampaikan kepada penonton. Efektivitas dari sebuah iklan dapat dilihat dari sejauh mana efek pesan yang disampaikan dapat dimengerti, dipahami serta menarik perhatian penonton iklan tersebut. Data yang dikumpulkan menggunakan metode kuantitatif melalui kuisioner sebanyak 203 responden yang merupakan penonton iklan bukalapak.com. Peneliti menggunakan metode Purposive sampling sebab penelitian ini harus memilih berdasarkan pengalaman yang pernah di alami oleh penonton setelah menonton iklan. Efektivitas iklan diukur dengan menggunakan Model EPIC yang terdiri dari Emphaty (E), Persuasion (P), Impact (I) dan Communication (C), dari keempat aspek tersebut diketahui hasil bahwa aspek Persuasion (P) dengan nilai grand mean 3,13 yang berarti lebih rendah dari aspek yang lainnya Emphaty (E ) dengan nilai 3,38, Impact (I) dengan nilai 3,23, Communication (C ) dengan nilai 3,46. Hasil ini menunjukkan bahwa iklan bukalapak cukup efektif secara keseluruhan aspeknya. Untuk lebih mengefektifkan harus ada peningkatan dari setiap aspek khususnya aspek persuasion. Hasil penelitian ini selanjutnya akan digunakan untuk luaran yang berupa Storyboard berdasarkan keempat aspek yaitu Emphaty, Pesuasion, Impact, dan Communication. Kata Kunci: Iklan, model EPIC, BukaLapak.com.
Deskripsi Alternatif :E-commerce companies must pay attention to the effectiveness of their advertisements in way to face the competition with other e-commerce companies. Advertising which made by an e-commerce commerce companies is not completely effective because need more specialized research. The purpose of this research is to find out how effective the advertisements which made by BukaLapak.com on television media. Advertising media in this study is the most comprehensive form of communication. The ad which has displayed is a video in approximately 1 minute duration which showed on television with the aim of the message in the advertisement being conveyed to the audience. The effectiveness of an advertisement can be seen from the extent of the message effect from the ad's itself which delivered can be recognize, understood and attracted the attention of the ad's audience. Data collected using quantitative methods through questionnaires as many as 203 respondents who were viewers of bukalapak.com advertisements. . The researcher used Purposive sampling method because this research had to choose based on the experience experienced by the audience after watching the advertisement. The effectiveness of advertising is measured using the EPIC Model consisting of Emphaty (E), Persuasion (P), Impact (I) and Communication (C), the results of the four aspects of Persuasion (P) with a grand mean value of 3.13 are means lower than the other aspects, those are : Emphaty (E) with a value of 3.38, Impact (I) with a value of 3.23 and Communication (C) with a value of 3.46. These results indicates that Bukalapak advertisements are quite effective in all aspects. Furthermore, to make the ad's more effective there must be an increase from all aspect, especially the persuasion aspect. The results of this study will then be used for outcomes in the form of Storyboard based on the four aspects, namely Emphaty, Pesuasion, Impact, and Communication. Keywords: Advertising, EPIC model, BukaLapak.com.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Drs. Deddy Saefulloh, MBA., Ph.D., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 155231015.pdf
(492539 bytes)
File : BAB 1 - 155231015.pdf
(114016 bytes)
File : BAB 2 - 155231015.pdf
(346277 bytes)
File : BAB 5 - 155231015.pdf
(151764 bytes)