Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Peran Pengaruh Informasional pada Ulasan Produk Skincare dan Kosmetik terhadap Adopsi Informasi di Youtube

The Role of Informational Influence on Skincare and Cosmetic Product Reviews on Information Adoption on Youtube

007 / 2020 / BA
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-07-20 09:47:46
Oleh : Katarina Rosyantika Sinaga - 165254012 (katarina.rosyantika.abs416@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-07-20, dengan 1 file

Keyword : ulasan konsumen, pengaruh informasional, adopsi informasi
Subjek : Consumer review, informational influence, information adoption

Perkembangan internet membuat setiap orang semakin mudah untuk mendapatkan informasi. Semakin banyak konsumen yang menggunakan ulasan online yang dibuat oleh konsumen lainnya untuk mengetahui informasi suatu produk. Berkembangnya video online membuat konsumen beralih ke media sosial berbasis video untuk mencari informasi. Ulasan berbasis video lebih disukai konsumen dibandingkan ulasan berbasis teks. Sebelum membeli produk skincare maupun kosmetik, konsumen ingin terlebih dahulu mempelajari produk tersebut dengan melihat ulasan konsumen lain. Hal ini terjadi karena skincare dan kosmetik dianggap sebagai barang pengalaman. Pengaruh informasional mengacu pada kecenderungan seseorang untuk mengikuti pendapat yang diberikan sumber. Informasi dari sumber eksternal dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap suatu produk. Adopsi informasi merupakan hal penting bagi konsumen online dalam proses pengambilan keputusan. Ulasan yang diberikan akan di adopsi untuk dijadikan bahan pertimbangan oleh konsumen. Penelitian ini berfokus pada adopsi informasi berdasarkan pengaruh informasional ulasan produk skincare dan kosmetik di YouTube yang diterima konsumen sebelum memutuskan membeli suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh informasional pada ulasan produk skincare dan kosmetik di YouTube, adopsi informasi ulasan produk skincare dan kosmetik di YouTube, dan peran pengaruh informasional pada ulasan produk skincare dan kosmetik terhadap adopsi informasi di YouTube. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probabilitas dengan metode pengambilan sampel purposive. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner tertutup secara online kepada 385 responden yang pernah menonton ulasan produk skincare maupun kosmetik di YouTube dan berdomisili di Jabodetabek ataupun Bandung Raya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksplanatori. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi. IBM SPSS 25 telah digunakan untuk mengolah data dan menguji hipotesis. Pengaruh informasional pada ulasan produk skincare dan kosmetik di YouTube berada dalam kategori baik. Adopsi informasi ulasan produk skincare dan kosmetik di YouTube berada dalam kategori baik. Pengaruh informasional pada ulasan produk skincare dan kosmetik memiliki pengaruh sebesar 23,1% terhadap adopsi informasi di YouTube. Kata kunci: ulasan konsumen, pengaruh informasional, adopsi informasi.

Deskripsi Alternatif :

The growth of internet makes it easier for everyone to get information. Consumers are increasingly using online reviews made by other consumers to find out an information about a product. The development of online video makes consumer switch into social media of video-based to find information. Video-based reviews are more preferred by consumers than text-based reviews. Before buying skincare or cosmetic products, consumers want to first learn about these products by looking at other consumer reviews. This happens because skincare and cosmetics are considered experiential items. Information influence refers to a person's tendency to follow the opinion provided by the source. Information from external sources can increase consumer confidence in a product. Adoption of information is important for online consumers in the decision-making process. Reviews given will be adopted to be taken into consideration by consumers. This study focuses on the adoption of information based on the informational influence on skincare and cosmetic product reviews on YouTube that consumers receive before deciding to buy a product. This study aims to determine the informational influence on skincare and cosmetic product reviews on YouTube, the adoption of information on skincare and cosmetic product reviews on YouTube, and the role of informational influence on skincare and cosmetic product reviews on information adoption on YouTube. The sampling collection techniques use non-probability and the sampling collection method using purposive sampling. The survey is conducted by spread the close-ended questionnaire online to 385 respondents who have watched skincare or cosmetic product reviews on YouTube and domiciled in Jabodetabek or Bandung Raya. This study uses a quantitative approach with an explanatory research method. The data analysis technique uses descriptive analysis and regression analysis. IBM SPSS 25 has used to process the data and examine the hypotheses. The informational influence on skincare and cosmetic product reviews on YouTube is in a good category. Information adoption on skincare and cosmetic product reviews on YouTube is in a good category. Informational influence on skincare and cosmetic product reviews has a role of 23.1% on the adoption of information on YouTube. Keywords: Consumer review, informational influence, information adoption.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Ira Siti Sarah, S.ST., MBA., Editor: Erlin Arvelina

Download...