Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2013

Analisis Persepsi Wisatawan Domestik Mengenai Komponen Produk Pariwisata Di Saung Angklung Udjo

The Analysis of Domestic Tourist Perceptions On Tourism Product Components At Saung Angklung Udjo

Tugas Akhir, 001 / 2013 / UPW
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-03-29 10:31:49
Oleh : Leni Risya Hidayani - 105221018 (risyaleni@yahoo.com)
Dibuat : 2017-03-29, dengan 4 file

Keyword : Komponen Produk Pariwisata, Attraction, Accessibility dan Aminities
Subjek : Tourism Product Components, Attraction, Accessibility and Aminities

Penelitian ini berjudul "Analisis Persepsi Wisatawan Domestik Mengenai Komponen Produk Pariwisata Di Saung Angklung Udjo" yang bertujuan untuk menganalisa persepsi wisatawan mengenai komponen produk pariwisata yaitu atraksi, aksesibilitas dan fasilitas yang ada di Saung Angklung Udjo. Menurut Muljadi (2009) produk pariwisata terdiri dari 3 komponen yaitu attraction, accessibility dan aminities. Attraction yaitu segala sesuatu baik itu berupa daya tarik wisata alam maupun budaya yang menarik bagi wisatawan untuk datang ke suatu daerah tujuan wisata. Accessibility yaitu kemudahan untuk mencapai daerah tujuan wisata yang dimaksud melalui berbagai media transportasi udara, laut, atau darat. Aminities yaitu berbagai fasilitas yang dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi wisatawan selama melakukan perjalanan wisata di suatu daerah tujuan wisata. Metode yang dipakai dalam penelitian adalah deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner yang yang terdiri dari 30 kuesioner pilot test ( uji validitas dan reliabilitas) lalu setelah valid dan reliabel disebar kembali sebanyak 101 kuesioner. Data sekunder di ambil dari, buku-buku, jurnal dan data Saung Angklung Udjo Bandung serta data Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Jawa Barat. Populasi yang dipilih adalah wisatawan domestik yang berkunjung ke Saung Angklung Udjo dengan menggunakan metode non probability sampling dan judgement sampling. Kuesioner yang dibagikan pada tanggal 10 Juni sampai 24 Juni sebanyak 131 kuesioner, kuesioner yang diolah dan valid adalah 127 buah. Hasil penelitian menunjukan wisatawan memiliki persepsi yang baik mengenai attraction dan aminities, sedangkan untuk accessibility wisatawan memiliki persepsi biasa saja. Dari nilai rata-rata, maka dapat disimpulkan bahwa persepsi wisatawan mengenai komponen produk pariwisata di Saung Angklung Udjo adalah cukup baik. Berdasarkan dari hasil analisis saran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah mempertahankan atraksi wisata yang sudah ada, atraksi pembuatan angklung yang sudah jarang diadakan sebaiknya diadakan kembali, pihak Saung Angklung Udjo juga dapat membuat video dari pembuatan angklung tersebut untuk dijual dalam bentuk cd yang akan menambah profit bagi pihak Saung Angklung Udjo, Saung Angklung Udjo dapat meminta bantuan pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung agar memberikan solusi dalam memperbaiki kondisi aksesibilitas agar lebih baik lagi seperti membetulkan jalan yang rusak, pihak Saung Angklung Udjo sebaiknya memasang interpretasi yang ukurannya lebih besar dan bekerjasama dengan Bank untuk mengadakan fasilitas ATM centre serta menambahkan 1 peta lokasi dalam Saung Angklung Udjo. Kata Kunci: Komponen Produk Pariwisata, Attraction, Accessibility dan Aminities.

Deskripsi Alternatif :

Title of the research is "The Analysis of Domestic Tourist Perceptions On Tourism Product Components At Saung Angklung Udjo" which aims to analyze the perception of tourists on tourism product components namely attractions, accessibility and facilities available at Saung Angklung Udjo. According Muljadi (2009) tourism product consists of 3 components: attraction, accessibility and aminities. Attraction is everything whether it be a natural tourist attraction and cultural appeal for tourists to come to a tourist destination. Accessibility is the ease to reach the intended destination through various media air transportation, sea, or land. Aminities are various facilities that can provide comfort and satisfaction for the tourists during a sightseeing trip in a tourist destination. The method used in this research is descriptive technique that uses primary data collection and secondary data. Primary data obtained from questionnaires consisting of 30 test pilot questionnaire (validity and reliability) and then after a valid and reliable distributed 101 questionnaires back as much. Secondary data is taken from, the books, journals and data Saung Angklung Udjo Bandung and the data of Tourism and Culture of West Java Province. Selected populations are domestic tourists who visited Saung Angklung Udjo using non-probability sampling method and judgment sampling. Questionnaires were distributed on June 10 until June 24, as many as 131 questionnaires, processed and valid questionnaire is 127 pieces. The results showed that travelers have a good perception of the attraction and aminities, while accessibility to travelers have a normal perception. Of the average value, it can be concluded that the perception of tourists regarding tourism product components Udjo Saung Angklung is pretty good. Based on the analysis of the resulting suggestions in this study is to maintain the existing tourist attraction, the attraction of making angklung that has rarely held should be held back, the Saung Angklung Udjo can also make a video of the making of angklung to be sold in the form of a cd that will add to profit for the Saung Angklung Udjo, Saung Angklung Udjo can ask for help at the Department of Public Works City of London to provide solutions in order to improve accessibility better like fix roads damaged, the Saung Angklung Udjo interpretation ought to have a larger size and in collaboration with the Bank ATM facility to hold the center and add 1 map locations in Saung Angklung Udjo. Keyword: Tourism Product Components, Attraction, Accessibility and Aminities.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Drs. Santosa Sanjaya, M.M.S., Editor: Erlin Arvelina

Download...