Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2018

Peran Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Di Industri Kreatif (Studi Pada Usaha Kecil Menengah Sektor Fashion Di Kota Bandung)

The Role Of Business Strategy In Improving Competitive Advantages In Creative Industry (Study On Small Medium Enterprises Sector Fashion In Bandung)

Skripsi, 018 / 2018 / BA
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-10-25 10:55:47
Oleh : Linda Maryani - 145254018 (lindamaryani96@gmail.com)
Dibuat : 2018-10-25, dengan 4 file

Keyword : Strategi bisnis, keunggulan bersaing, dan UMKM fashion di Kota Bandung
Subjek : Business strategy, competitive advantage, and SMEs fashion in Bandung

Penelitian ini betujuan untuk menganalisis pengaruh strategi bisnis dalam meningkatakan keunggulan bersaing. Populasi yang dipilih adalah Industri Kreatif UMKM sektor fashion di Kota Bandung yang berjumlah 507 populasi pada periode 2010-2017 dan jumlah sampel sebesar 223 pelaku usaha UMKM fashion di Kota Bandung. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sekala likert. Alat analisis data menggunakan regresi berganda dengan alat bantu software SPSS Versi 22.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi bisnis memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Secara umum dari hasil pengujian model yang diterapkan pada UMKM fashion di Kota Bandung mayoritas menggunakan strategi kepemimpinan biaya/differensiasi terpadu melalui inovasi produk baru, peningkatan suatu pelayanan yang berbeda dengan pesaing, dan harga jual yang lebih rendah dari pesaing dengan cara menjadi produsen yang berbiaya rendah, baik dari proses biaya bahan baku dan biaya distribusi. Keunggulan bersaing yang dihasilkan perusahaan dapat ditingkatkan melalui keunggulan produk, harga, Sumber daya manusia, citra, kualitas pelayanan dan saluran distribusi. Penelitian ini memberikan beberapa keterbatasan penelitian serta agenda penelitian mendatang yang bisa dilakukan pada penelitian lanjutan. Kata kunci: Strategi bisnis, keunggulan bersaing, dan UMKM fashion di Kota Bandung.

Deskripsi Alternatif :

This research aims to analyze the influence of business strategy in increasing competitive advantage. Ppulasi selected is the Creative Industry SMEs in the fashion sector in Bandung, amounting to 507 population in the period 2010-2017 and the number of samples of 223 SMEs fashion business in Bandung. Data collection using questionnaires with Likert scale. Data analysis using Regression Linear withSPSS 22.0. The result of data analysis shows that the research model can be accepted with goodness of fit test, that is effect positive and significant to competitive advantage. In general from the results of model testing applied to SMEs fashion in the city of Bandung the majority use integrated leadership strategies / differentiation through new product innovation, enhancing a different service with competitors, and lower selling price of competitors by becoming low-cost producers , both from the process of raw material costs and distribution costs. Where competitive advantage generated by the company can be improved through product superiority, price, personnel, image, service quality and distribution channels. This study provides some limitations of research and future research agenda that can be done in further research. Keywords: Business strategy, competitive advantage, and SMEs fashion in Bandung.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Harmon Chaniago, M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...