Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021
Pengaruh Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Minimarket Indomaret di Kota Bandung
The Influence of Brand Image on Customer Satisfaction of Indomaret Minimarkets in Bandung City
Skripsi, 011 / 2021 / BAUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-05-12 15:04:05
Oleh : Lisa Elvariyani - 175254011 (lisa.elvariyani.abs417@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-05-12, dengan 4 file
Keyword : Citra merek, Minimarket Indomaret di Kota Bandung, Kepuasan pelanggan
Subjek : Brand image, Indomaret Minimarket in Bandung City, Customer satisfaction
Pertumbuhan bisnis ritel modern di Indonesia tumbuh sangat pesat hal ini menyebabkan persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Persaingan minimarket yang ketat mengharuskan setiap pelaku bisnis berupaya senantiasa menerapkan strategi yang lebih unggul mampu mendatangkan keberhasilan bagi perusahaan. Pada saat ini, minimarket sangat mudah ditemukan terlebih di kota-kota besar seperti Kota Bandung. Minimarket Indomaret berkembang pesat karena memiliki jaringan retail tersebar hingga pelosok daerah menjadikan Indomaret menjadi pilihan belanja konsumen. Kegiatan pemasaran media sosial dapat berkontribusi pada kesadaran merek dan menciptakan citra merek yang positif sebagai bisnis memfasilitasi interaksi mereka dengan pelanggan potensial serta dengan pelanggan saat ini. Maka dalam membentuk citra merek merupakan hubungan konsumen yang memiliki merek positif gambar akan mendorong seseorang untuk membuat pembelian suatu produk atau jasa. Perusahaan penting dalam membangun citra merek positif karena akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi konsumennya yang akan berpangaruh terhadap kepuasan pelanggan. Maka tingkat kepuasan pelanggan merasakan respon emosional konsumen berupa perasaan senang dan lega karena telah tercukupi atau terpenuhi hasrat hatinya setelah melakukan pembelian suatu produk/jasa dari membandingkan produk yang dirasakan kinerja atau hubungannya dengan harapan. Penciptaan kepuasan pelanggan dapat memberikan dasar yang baik untuk membeli kembali dan menciptakan pelanggan loyalitas, dan membentuk rekomendasi dari mulut ke mulut. Beberapa permasalahan yang dialami diantaranya konsumen merasa kecewa dengan pelayanan Indomaret, harga yang tidak konsisten dan mengalami masalah proses pembayaran, Perusahaan harus menarik pelanggan baru untuk mempertahankan citra merek yang sangat penting bahwa pelanggan selalu mencari kualitas produk bermerek, selain itu keberadaan produk yang dijual di Indomaret masih kurang lengkap, konsumen tidak bisa terus menerus membeli produk di Indomaret tersebut. Tentunya hal tersebut dapat mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap Indomaret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara citra merek terhadap kepuasan pelanggan minimarket Indomaret di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Kuesioner penelitian diuji kepada 373 responden yang merupakan pelanggan minimarket Indomaret. Data didapat dengan cara menyebarkan kuisioner yang seluruh item pernyataannya telah lulus uji validitas dan reliabilitas. Data tersebut sudah lulus uji normalitas, linearitas dan heteroskedastisitas. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh secara simultan dan parsial antara citra merek terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai pengaruh sebesar 59,2%.
Deskripsi Alternatif :The growth of the modern retail business in Indonesia is growing very rapidly, this causes business competition to become increasingly fierce. Intense minimarket competition requires every business person to always try to implement a superior strategy that is able to bring success to the company. At this time, minimarkets are very easy to find, especially in big cities like Bandung. Indomaret minimarket is growing rapidly because it has a retail network spread to remote areas, making Indomaret a consumer shopping choice. Social media marketing activities can contribute to brand awareness and create a positive brand image as businesses facilitate their interactions with potential customers as well as with current customers. So in forming a brand image is a consumer relationship that has a positive brand image will encourage someone to make a purchase of a product or service. Companies are important in building a positive brand image because it will provide an unforgettable experience for consumers which will affect customer satisfaction. Then the level of customer satisfaction feels the emotional response of consumers in the form of feelings of pleasure and relief because they have fulfilled or fulfilled their desires after making a purchase of a product/service from comparing the product's perceived performance or relationship with expectations. The creation of customer satisfaction can provide a good basis for repurchase and create customer loyalty, and form word of mouth recommendations. Some of the problems experienced include consumers feeling disappointed with Indomaret services, inconsistent prices and experiencing payment processing problems, the company must attract new customers to maintain a brand image which is very important that customers always look for quality branded products, besides the existence of products sold at Indomaret still incomplete, consumers cannot continue to buy products at Indomaret. Of course this can affect consumer satisfaction with Indomaret. This study aims to determine the influence of brand image on customer satisfaction Indomaret minimarket in Bandung. This study uses a quantitative descriptive approach. The research questionnaire was tested on 373 respondents who are Indomaret minimarket customers. Data was obtained by distributing questionnaires in which all statement items had passed the validity and reliability tests. The data has passed the normality, linearity and heteroscedasticity tests. The result of this research is that there is a simultaneous and partial influence between brand image on customer satisfaction, with an influence value of 59.2%.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Dr. Harmon, M.Si.
Pembimbing 2: Abdul Malik Sayuti, S.Fil., MBA., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN SKRIPSI - 175254011.pdf
(1846184 bytes)
File : BAB 1 - 175254011.pdf
(1271882 bytes)
File : BAB 2 - 175254011.pdf
(790312 bytes)
File : BAB 5 - 175254011.pdf
(574515 bytes)