Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Tinjauan Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Pengguna GrabFood di Kota Bandung)

Review of Factors in Consumer Purchasing Decisions (Study on GrabFood User in Bandung)

Tugas Akhir, 043 / 2020 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-31 11:10:53
Oleh : Maya Nachrowi - 175211047 (maya.nachrowi.abs17@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-03-31, dengan 4 file

Keyword : online food delivery, factor, decision
Subjek : online food delivery, faktor, keputusan

Munculnya aplikasi online food delivery merupakan dampak dari kecanggihan teknologi serta tingginya pengguna internet. Beberapa lembaga riset menunjukkan bahwa, pada tahun 2019 GrabFood berada pada urutan kedua sebagai aplikasi Online Food Delivery. GrabFood merupakan market follower sebagai jasa pengantaran makanan berbasis aplikasi. Sebenarnya masyarakat bisa memutuskan menggunakan aplikasi lain yang lebih pioner, namun faktanya masih ada masyarakat yang memutuskan menggunakan GrabFood. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui persepsi tentang faktor-faktor yang menyebabkan keputusan konsumen menggunakan GrabFood. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang merupakan pengguna serta pernah melakukan pembelian menggunakan GrabFood di Kota Bandung. Adapun data penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari kuesioner dan data sekunder yang diambil dari berbagai literatur. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data yang telah terkumpul akan diolah dan disajikan dengan perhitungan statistika ke dalam bentuk distribusi frekuensi. Hasil analisis deskriptif yang diolah menggunakan SPSS 17.0 menunjukkan bahwa, keputusan konsumen menggunakan GrabFood di Kota Bandung yang ditentukan oleh faktor pemasaran, sosial, dan psikologis berkategori tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa baik dari sisi pemasaran, sosial, dan psikologis telah menyebabkan keputusan pembelian konsumen yang tinggi dalam menggunakan fitur GrabFood. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa faktor psikologis merupakan faktor tertinggi dan faktor sosial merupakan faktor terendah.

Deskripsi Alternatif :

The emergence of online food delivery applications is an impact of technological sophistication and high internet users. Several research institutions show that in 2019 GrabFood is in second place as an online food delivery application. GrabFood is a market follower as an application-based food delivery service. Actually, people can decide to use other applications that are more pioneering, but in fact many people still decide to use GrabFood. Therefore, this study was conducted which aims to determine factors cause consumer decisions to use GrabFood. The method used is descriptive quantitative research methods. This study involved 100 respondents who were users and had made purchases using GrabFood in Bandung. The data of this study use primary data from questionnaires and secondary data from literatures study. The data collection technique used a questionnaires. The collected data will be processed and presented with statistical calculations in the form of a frequency distribution. The resluts of descriptive analysis processed using SPSS 17.0 show that consumer decisions to use GrabFood in Bandung are determined by high categories of marketing, social, and psychological factors. This indicates that from marketing, social an psychological perspective, it has led to high consumer purchasing decisions in using the GrabFood. The analysis result also shows that the psychological factor is the highest factor and the social factor is the lowest factor.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Tintin Suhaeni, S.Sos., M.Si., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...