Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019
Analisis Tingkat Kepuasan Kerja Driver Go-Ride di Kota Bandung
Analysis of Job Satisfaction Level of Go-Ride Driver in Bandung
Tugas Akhir, 014 / 2019 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-14 10:19:02
Oleh : Mega Ayudia Chaerani - 165211015 (machaerani@gmail.com)
Dibuat : 2020-02-14, dengan 4 file
Keyword : Driver, Kepuasan, Kerja
Subjek : Driver, Satisfaction, Work
Go-Jek adalah aplikasi yang menyediakan jasa transportasi yang dibuat oleh Nadiem Makarim melalui perusahaan penyedia teknologi PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Go-Jek menyediakan beberapa jenis layanan. Salah satunya ialah Go-Ride yang merupakan objek fokus penelitian ini. Perusahaan ini menyediakan banyak lapangan kerja, terutama driver. Driver yang bekerja dengan perasaan senang dan nyaman memiliki tingkat kepuasan kerja yang baik. Berdasarkan hasil prapenelitian, masih ada indikator yang menunjukkan ketidakpuasan driver Go-Ride. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui tingkat kepuasan kerja driver Go-Ride dan dimensi yang dominan pada variabel kepuasan kerja. Penelitian ini mencari nilai rata-rata untuk menjawab rumusan masalah tersebut dengan mengambil lima dimensi yang telah diteliti pada empat jurnal, yaitu penghasilan (pay), rasa prestasi (sense of achievement), atasan (supervision), rekan kerja (co-workers) dan situasi kerja (working conditions). Penelitian ini menerapkan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang disebar ke 200 orang driver Go-Ride. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh informasi bahwa tingkat kepuasan driver Go-Ride sudah baik. Namun, masih ditemukan keluhan-keluhan dari para driver terhadap pekerjaannya, seperti penghasilan, rasa prestasi dan situasi kerja. Karena itu, manajemen Go-Jek disarankan untuk meningkatkan pengawasan terhadap driver yang bekerja secara curang dengan cara memberian sinyal-sinyal pada aplikasi driver, memberikan pembinaan kepada warung-warung tempat pangkalan driver guna menciptakan tempat istirahat yang nyaman bagi driver, membuat sistem pemberian bonus untuk tabungan jangka panjang, seperti tabungan pendidikan anak. Bonus tidak diberikan seratus persen kepada driver, tapi disisihkan dalam jumlah tertentu untuk dimasukkan ke tabungan pendidikan anak. Untuk penelitian selanjutnya, diharapkan menggunakan dimensi lain selain dimensi di atas dengan tujuan menilai kepuasan kerja dari berbagai macam aspek. Kata Kunci: Driver, Kepuasan, Kerja.
Deskripsi Alternatif :Go-Jek is an application that provides transportation services made by Nadiem Makarim through a technology provider company PT Karya Karya Bangsa. Go-Jek provides several types of services. One of them is Go-Ride which is the object of focus of this research. This company provides many jobs, especially drivers. Drivers who work with feeling happy and comfortable have a good level of job satisfaction. Based on the results of the pre-study, there are still indicators that indicate the dissatisfaction of the Go-Ride driver. This study was conducted to determine the level of Go-Ride driver job satisfaction and the dominant dimensions of the job satisfaction variable. This study looks for the average value to answer the problem formulation by taking five dimensions that have been studied in four journals, namely pay, sense of achievement, supervision, co-workers and working conditions. This study applies a descriptive method with a quantitative approach. The research data was obtained from a questionnaire distributed to 200 Go-Ride drivers. Based on the results of the study, information was obtained that the level of satisfaction of the Go-Ride driver was good. However, complaints are still found from the drivers of their work, such as income, sense of achievement and work situation. Therefore, Go-Jek is advised to improve supervision of drivers who work fraudulently by giving signals to driver applications, providing guidance to stalls for driver bases to create a comfortable resting place for drivers, making a system of giving bonuses for drivers in a long term savings, such as children's education savings. Bonuses are not given one hundred percent to drivers, but are set aside in certain amounts to be included in children's education savings. For further research, it is expected to use other dimensions besides the dimensions above with the aim of assessing job satisfaction from various aspects. Keywords: Driver, Satisfaction, Work.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dr. Drs. Harmon Chaniago, M.Si., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 165211015.pdf
(978748 bytes)
File : BAB 1 - 165211015.pdf
(216630 bytes)
File : BAB 2 - 165211015.pdf
(206920 bytes)
File : BAB 5 - 165211015.pdf
(163699 bytes)