Path: Top > Skripsi - D4 > Jurusan Teknik Sipil > Prodi Teknik Perancangan Jalan & Jembatan > 2013 > REGULER
Perbaikan dan Peningkatan Lapisan Subgrade Pada Jalan Perawas - Air Merbau Kabupaten Belitung Provinsi Bangka-Belitung
The Improvement and Enhacement of Subgrade Layer On Perawas - Air Merbau Road at Belitung Regency Bangka-Belitung Province
Tugas Akhir, 006 /2013 / TPJJUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-03 15:05:55
Oleh : Meidy Pratama - 091134016 (meidy.pratama18@gmail.com)
Dibuat : 2015-06-30, dengan 4 file
Keyword : Rawa, Tanah Dasar, Stabilisasi, Abu, Cerucuk
Subjek : Swamps, Subgrade, Stabilization, Palm Coconut Ash, Wood Pile
Proyek pembangunan ruas jalan Perawas Air Merbau ini merupakan pekerjaan jalan baru. Proyek ini bertujuan agar dapat menjadi pemecahan masalah lalu lintas yang telah diprediksi untuk 20 tahun kedepan. Permasalahan yang ada diantaranya disebabkan oleh pertambahan jumlah kendaraan, sehingga jalan ini akan dijadikan jalan alternatif khusunya bagi kendaraan yang akan menuju dan meninggalkan lapangan udara, dari dan ke pusat kota. Proyek pembangunan jalan ini berada pada daerah rendah, sehingga disini kita memiliki rintangan berupa rawa dan sungai. Saat pelaksanaan, proyek ini sempat terhenti karena melewati sebuah rawa yang mempunyai muka air dengan tinggi mencapai satu meter di atas pemukaan rawa dan daya dukung tanah dasar yang rendah. Perbaikan tanah dasar dilakukan dengan stabilisasi tanah dengan menggunakan abu kelapa sawit dan perkuatan cerucuk kayu dengan matras beton. Dalam penelitian yang dilakukan diperoleh hasil kadar abu optimum untuk bahan stabilisasi tanah yaitu dengan penambahan sebanyak 10% abu kelapa sawit. Peningkatan yang signifikan terjadi pada nilai CBR dari 6,1% menjadi 16% pada kondisi tidak terendam dan dari 3,8% menjadi 10% pada kondisi terendam. Perencanaan cerucuk didasarkan pada data sondir, sehingga diperoleh cerucuk dengan diameter 10 cm dan jarak antar cerucuk 100 cm dengan matras beton setebal 8cm. Jenis kayu yang digunakan adalah kayu Gelam. Perencanaan tebal lapis perkerasan didasarkan pada metode AASHTO, sehingga diperoleh tebal lapis permukaan 9 cm, lapis pondasi atas 11 cm dan lapis pondasi bawah 15 cm. Perencanaa drainase didasarkan dengan motode Weduwen sehingga diperoleh drainase dengan tinggi 72 cm dan lebar 50 cm dengan kemiringan drainase 1%. Diharapkan dalam perancangan, pelaksanaan, dan pengawasan pekerjaan stabilisasi tanah dan pemasangan cerucuk yang nantinya dipakai sebagai penanganan permasalahan dalam pembangunan proyek ini dikerjakan sesuai dengan ketentuan dan spesifikasi yang berlaku. Kata kunci : Rawa, Tanah Dasar, Stabilisasi, Abu, Cerucuk
Deskripsi Alternatif :The construction of Perawas - Air Merbau roads is a new road project. This project aims to solve the problem of traffic that have predicted for next twenty years ago. The problem happened because the increase of vehicle amount, so this road will be an alternative way for those who come or leave the airport, from and to the central town. This construction road project is in the low area, so we face the barrier of swamps and rivers. At the time of execution, this project was postponed due to cross over the swamp that have high water level reaching one meter above the surface of the swamp and the subgrade bearing capacity is low. The soil of subgrade improvement is done by stabilizing the soil using palm coconut ash and wood pile (cerucuk) cultivation with concrete mat. This research found that ash quantity required to be an optimum land stabilizer is about 10% of palm coconut ash. A significant increasing in CBR from 6.1% to 16% happened on unsoaked condition, and increasing from 3.8% to 10% happened on soaked condition. The desain of wood pile (cerucuk) is based on sondir data, so that we get the wood pile (cerucuk) dimension with 10cm of diameter and the distance between the wood pile (cerucuk) 100 cm with 8 cm of concrete thickness. The wood applied in this project is Gelam wood type. The flexible pavement design is based on AASHTO method, that gives 9cm of the surface layer thickness, 11 cm of upper layer foundation and 15 cm of lower layer foundation. The design of drainage system is based on Weduwen method which provide a 72 cm of high, 50 cm of wide and 1% of inclination drainage. We hope that the design, execution, and supervisory of this soil stabilization and wood pile (cerucuk) installation will be the answer of the project construction in the future, as long as it is done with a certain specification and available rule. Keyword : Swamps, Subgrade, Stabilization, Palm Coconut Ash, Wood Pile
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Dr. Syahril, BSCE., MT.
Pembimbing 2: Ir. Geni Firuliadhim, MT.
, Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : DAFTAR - 091134016.pdf
(560429 bytes)
File : BAB 1 - 091134016.pdf
(384326 bytes)
File : BAB 2 - 091134016.pdf
(953267 bytes)
File : BAB 6 - 091134016.pdf
(264108 bytes)