Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019

Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalitas Konsumen di Toko Buku Gramedia (Studi di Toko Buku Gramedia Merdeka Bandung)

The Influence of Perceived Value on Customer Loyalty at Gramedia Bookstore (Study at Gramedia Merdeka Bookstore)

Skripsi, 016 / 2019 / BA
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-01-03 10:37:47
Oleh : Mia Anita - 155254018 (miaanita88@gmail.com)
Dibuat : 2020-01-03, dengan 4 file

Keyword : Industri buku, perceived value, loyalitas konsumen
Subjek : Book industry, perceived value, costumer loyalty

Perkembangan teknologi khususnya dalam teknologi pengetahuan berkembang sangat cepat. Perkembangan tersebut menyebabkan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang industri buku berlomba-lomba untuk lebih mengetahui kebutuhan konsumennya. Termasuk salah satunya adalah toko buku Gramedia. Mempertahankan konsumen atau membangun loyalitas konsumen itu bukanlah suatu hal yang mudah atau proses yang cepat. Saat konsumen merasa nyaman dengan pelayanan dan nilai yang didapat dan mereka bertahan, maka mereka akan menjadi konsumen yang loyal. Jika nilai yang dirasakan konsumen tinggi, makal loyalitas pun akan tinggi begitu pula profit yang nanti didapatkan. Perceived value adalah bagaimana konsumen menilai produk secara keseluruhan atas manfaatnya, kualitas layanannya, harga dan nilai emosional juga nilai sosialnya yang akan diterima oleh konsumen. Nilai itulah kunci untuk mencapai loyalitas konsumen dan yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perceived value terhadap loyalitas konsumen. Dimensi perceived value yang digunakan untuk penelitian ini adalah prestige, value for money dan interaction quality. Sedangkan untuk loyalitas adalah word of mouth dan repurchase intention.Kuisioner telah didistribusikan kepada konsumen di toko buku Gramedia Merdeka Bandung yang telah melakukan pembelian minimal dua kali menggunakan lima poin skala likert. Data yang berhasil dikumpulkan bersumber dari total 101 responden. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan alat SPSS 16. Hasil menunjukkan bahwa adanya pengaruh perceived value terhadap loyalitas konsumen. Kata Kunci: Industri buku, perceived value, loyalitas konsumen.

Deskripsi Alternatif :

Technological developments, especially in knowledge technology, are developing very rapidly. These developments have caused companies engaged in the book industry to compete with one another to find out more about the needs of their consumers. One of them is the Gramedia bookstore. Maintaining customer or building customer loyalty is not an easy matter or a quick process. When costumer feel comfortable with the service and the value they get and survive, they will become loyal costumers. If the value perceived by costumers is high, so the loyalty will be high as well as the profits that will be obtained later. Perceived value is how costumers value the product as a whole for its benefits, quality of service, price and emotional value as well as the social value that costumers will receive. Value is the key to achieving costumer loyalty and that affects costumers in making purchases. This study was conducted to determine the effect of perceived value on costumer loyalty. The dimensions of perceived value used for this study are prestige, value for money and interaction quality. While for loyalty is word of mouth and repurchase intention. Questionnaires have been distributed to costumers in Gramedia Merdeka Bandung bookstore who have made purchases at least twice using the five-point Likert scale. The data collected was sourced from a total of 101 respondents. This research uses quantitative descriptive with SPSS 16. The results show that the influence of perceived value on consumer loyalty. Keywords: Book industry, perceived value, costumer loyalty.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Drs. Mukaram, S.E., M.Ed.M., Editor: Erlin Arvelina

Download...