Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020
Analisis Tingkat E-Satisfaction Pada E-Tailing (Studi Kasus Pada Konsumen Bluemart)
Analysis of E-Satisfaction Levels in E-Tailing (Case Study on Bluemart Consumers)
Tugas Akhir, 044 / 2020 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-31 11:15:22
Oleh : Mila Puspita - 175211048 (mila.puspita.abs17@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-03-31, dengan 4 file
Keyword : E-tailings, E-satisfaction, BLUEmart
Subjek : E-tailing, E-satisfaction, BLUEmart
Platform baru yang menggunakan konsep bisnis e-tailing yaitu BLUEmart. BLUEmart merupakan salah satu e-tailer cerdas yang menyediakan konsep baru seperti layanan Self Service Technologies yang membawa konsumen untuk membeli produknya sendiri tanpa bantuan karyawan atau kasir. BLUEmart juga merupakan salah satu e-tailer yang mendukung pembayaran tunai baik dengan dengan uang kertas maupun dengan e-wallet. Tentunya konsep bisnis seperti ini sangat menarik dan dapat memberikan pengalaman baru bagi konsumen. Salah satu kunci penting untuk memastikan kesuksesan suatu bisnis yaitu dengan kepuasan pelanggan (e-satisfaction) sebab pertumbuhan pasar di masa yang akan datang dapat ditentukan oleh kepuasan pelanggan (e-satisfaction). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat e-satisfaction pada e-tailing BLUEmart. Analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Data disajikan dengan menggunakan perhitungan nilai minimum, nilai maksimum, mean, standar deviasi, dan nilai Sig. atau nilai probabilitas. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan observasi, wawancara tidak terstruktur, studi dokumen, dan kuesioner. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tingkat e-satisfaction pada e-tailing BLUEmart berada pada kategori puas. Dimensi dengan nilai tertinggi yaitu serviceability, sedangkan dimensi dengan nilai terendah yaitu security. Pada profil responden berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan, rata-rata pengeluaran per bulan, status, dan metode pembayaran tidak terdapat perbedaan tingkat e-satisfaction. Namun, terdapat perbedaan tingkat e-satisfaction pada profil responden berdasarkan domisili. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terdapat beberapa indikator yang harus diperbaiki seperti kepercayaan konsumen terhadap perlindungan privasi dan keamanan, metode pembayaran uang tunai yang harus bisa digunakan setiap waktu, dan informasi terkait layanan customer service yang harus disampaikan dengan jelas kepada konsumen.
Deskripsi Alternatif :A new platform that uses the concept of e-tailing business namely BLUEmart. BLUEmart is one of the smart e-tailers that provides new concepts such as Self Service Technologies service that leads consumers to buy their own products without the help of employees or. BLUEmart is also one of the e-tailers that supports cash payments both by banknote and with e-wallet. Of course, this kind of business concept is very interesting and can provide a new experience for consumers. One of the important keys to ensuring the success of a business is with customer satisfaction (e-satisfaction) because future market growth can be determined by customer satisfaction (e-satisfaction). The purpose of this study is to find out the level of e-satisfaction in BLUEmart e-tailings. Descriptive analysis with quantitative approach is a research method used in this study. Data is presented using calculations of minimum values, maximum values, means, standard deviations, and Sig values. or probability value. Data is collected using observational collection techniques, unstructured interviews, document studies, and questionnaires. The results revealed that e-satisfaction levels in BLUEmart e-tailings were in the satisfied category. The dimension with the highest value is serviceability, while the dimension with the lowest value is security. On the respondent\'s profile based on gender, age, education, average monthly expenditure, status, and payment method there was no difference in e-satisfaction levels. However, there is a difference in the level of e-satisfaction in the respondent\'s profile based on domicile. Based on the results of the study there are several indicators that need to be improved such as consumer confidence in privacy and security protections, cash payment methods that should be usable at all times, and information related to customer service services that must be conveyed clearly to consumers.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Mohammad Rizal Gaffar, S.T., M.M., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 175211048.pdf
(1085028 bytes)
File : BAB 1 - 175211048.pdf
(139050 bytes)
File : BAB 2 - 175211048.pdf
(382316 bytes)
File : BAB 5 - 175211048.pdf
(10985 bytes)