Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Teknik Mesin > Program Studi Teknik Mesin > 2018

Rekondisi Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel Toyota Dyna Seri BU 20

Fuel System Recondition of Toyota Dyna BU 20 Diesel Engine

Tugas Akhir, 016 / 2018 / TME
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2019-01-22 10:20:39
Oleh : Mohammad Alimul Huda - 151211016 (alimulhuda123@gmail.com)
Dibuat : 2019-01-22, dengan 4 file

Keyword : Mesin Diesel, Sistem Bahan Bakar, Rekondisi, Pompa Injeksi dan Injektor
Subjek : Diesel Engine, Fuel System, Recondition, pump injection and injection

Laboratorium Fluida Termal Politeknik Negeri Bandung memiliki sebuah mesin diesel toyota dyna seri BU 20 yang digunakan sebagai media praktikum mahasiswa. Mesin diesel tersebut dalam kondisi mesin tidak menyala karena sistem bahan bakar yang kurang baik dan tekanan injektor rendah. Tekanan injektor tersebut yaitu 90 kg/cm2, 90 kg/cm2, dan 2 injektor macet. Selain itu pompa injeksi memompa volume bahan bakar yang tidak sama dari ke-4 plunger-nya. Volume pada pompa injeksi tersebut yaitu 11 cc, 13 cc, 14 cc, 12 cc untuk setiap 200 stroke. Untuk memperbaiki kondisi mesin tersebut maka harus dilakukan rekondisi pada sistem bahan bakarnya. Rekondisi dilakukan pada tangki, pompa penyalur, saringan bahan bakar, pompa injeksi, dan injektor. Dari setiap komponen tersebut dilakukan pembongkaran dan pengujian awal. Ketika pada pengujian awal terdapat komponen yang rusak atau tidak sesuai spesifikasi, maka selanjutnya dilakukan perbaikan. Setelah komponen diperbaiki, komponen dilakukan pemasangan kembali untuk dilakukan pengujian akhir. Ketika setiap komponen pada pengujian akhir telah baik atau sesuai spesifikasi, maka selanjutnya dilakukan pengetesan fungsi pada engine. Setelah dilakukan perbaikan, hasil tekanan keempat injektor tersebut kembali sesuai dengan spesifikasi yaitu 120 kg/cm2. Perbaikan pada pompa injeksi dilakukan setting ulang pada plunger dan kedalaman penggontrol rack. Setelah dilakukan pengujian akhir pada putaran mesin 1100 rpm, hasilnya volume keempat plunger pompa injeksi tersebut sesuai dengan spesifikasi yaitu 12 cc untuk 200 stroke plunger, atau 0,06 cc untuk satu kali semprotan. Kata Kunci: Mesin Diesel, Sistem Bahan Bakar, Rekondisi, Pompa Injeksi dan Injektor.

Deskripsi Alternatif :

The Thermal Fluida Laboratory at Politeknik Negeri Bandung have is a dyna BU 20 diesel engine which had been used by student for practice learning. The diesel engine has been off because the injector are 90 kg/cm2, and 2 injector clogged. Other than that, the injection pump has different volume fuel outcome from their four plungers. The volume are 11 cc, 13 cc, 14 cc, 12 cc for every 200 stroke. For repairing this engine condition, then recondition on the fuel system must be done. Recondition must be done in several parts, such as tank, delivery pump, fuel strainer, injection pump, and the injector. Each components has to disassembly and doing an early test. If there are some damage components not fit with the specification, then next the components should be repaired. After the components in final test is already in good condition or fit the specification, then the components function should be tested on the actual engine. After being repaired, The result is the pressure from all the injectors that has been fitted with the specification which is 120 kg/cm2. The repairing for injection pump is re-adjustment the plunger and the deepnees rack controller. After the final test using bospom test whit 1100 rpm of engine sped, the result is the volume for every four plunger fit the specification which are 12 cc for 200 stroke plunger, or 0,06 for spray times. Keywords: Diesel Engine, Fuel System, Recondition, pump injection and injection.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Prasetyo, S.T., M.Eng.

    Pembimbing 2: Budi Triyono, S.ST., M.T., Editor: Erlin Arvelina

Download...