Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021

Analisis Kepercayaan Pengguna E-Money (Studi Pada Masyarakat di Wilayah Bandung Raya)

Analysis Of E-Money User Trust (A Case Study in People of Bandung Raya)

Tugas Akhir, 044 / 2021 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-04-26 12:22:24
Oleh : Mudya Shegi Islamia - 185211049 (mudya.shegi.abs18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-04-26, dengan 4 file

Keyword : Kepercayaan konsumen, E-Money, Pengguna E-Money
Subjek : Consumer Trust, E-Money, E-Money Users

Sistem pembayaran keuangan mengalami perubahan seiring dengan perkembangan teknologi. Salah satunya adalah uang elektronik atau e-money yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan untuk beragam transaksi pembayaran. Manfaat e-money tersebut dirasa penting khususnya ketika pandemi Covid-19 dimana dianjurkan untuk mengurangi kontak fisik dalam menekan laju penyebaran virus Covid-19. Tingkat penggunaan e-money terus mengalami peningkatan, meski begitu kepercayaan konsumen, salah satunya terhadap keamanan data dan keuangan e-money masih menjadi hal yang dikhawatirkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan pengguna e-money di wilayah Bandung Raya. Kepercayaan konsumen merupakan keadaan dimana konsumen menaruh rasa yakin atau asumsi positif kepada perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan yang diharapkannya. Hal tersebut diukur melalui empat dimensi yaitu ketulusan, kemampuan, integritas, dan kesediaan untuk bergantung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menyebar kuesioner kepada 220 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan pengguna e-money di wilayah Bandung Raya terhitung tinggi dengan dimensi yang paling berpengaruh yaitu dimensi integritas.

Deskripsi Alternatif :

The financial payment system has changed along with technological developments. One of them is electronic money or e-money which offers convenience and convenience for various payment transactions. The benefits of e-money are considered important, especially during the Covid-19 pandemic where it is recommended to reduce physical contact in suppressing the spread of the Covid-19 virus. The level of use of e-money continues to increase, even so, consumer trust, one of which is data security and e-money finance is still a matter of concern. This study aims to determine the trust of e-money users in the Bandung Raya area. Consumer trust is a condition where consumers put a sense of confidence or positive assumptions to the company to meet the needs and expectations that are expected. It is measured through four dimensions, namely benevolence, ability, integrity, and willingness to depend. The research method used in this research is descriptive quantitative by distributing questionnaires to 220 respondents. The results of this study indicate that the trust of e-money users in the Greater Bandung area is high with the most influential dimension, namely the dimension of integrity.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Ivon Sandya Sari Putri, S.ST., MBA., Editor: Erlin Arvelina

Download...