Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Analisis Faktor-Faktor Keputusan Pembelian Produk Melalui Media Sosial Facebook (Studi Pada Konsumen di Bandung Raya)

Analysis of Product Purchase Decision Factors Throught Social Media Facebook (Study on Consumers in Bandung Raya)

Tugas Akhir, 012 / 2020 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-25 14:06:53
Oleh : Muhammad Fauzan Maksum - 175211015 (muhammad.fauzan.abs17@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-03-25, dengan 4 file

Keyword : online business, e-commerce, facebook, purchase decision, marketplace
Subjek : bisnis online, e-commerce, facebook, keputusan pembelian, marketplace

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berdampak pada beberapa bidang, salah satunya adalah dalam berjualan dan berbelanja di masyarakat. Di era modern ini, tahun 2020, masyarakat memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbelanja melalui internet. Tempat berjualan tersebut dapat ditemukan di E-Commerce, marketplace, atupun bisnis online. Salah satu tempat online shop adalah facebook. Selain untuk bersosialisasi, facebook juga dapat dijadikan untuk berbelanja secara online, hal tersebut yang menjadikan peneliti membuat judul penelitian “Analisis Keputusan Pembelian Produk Melalui Media Sosial Facebook (Studi Pada Konsumen di Bandung Raya). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa yang paling tinggi mempengaruhi konsumen dalan memutuskan membeli suatu produk melalui media sosial facebook dan mengetahui faktor apa yang paling rendah mempengaruhi konsumen dalan memutuskan membeli suatu produk melalui media sosial facebook. Penelitian ini dilakukan kepada konsumen yang pernah membeli suatu produk melalui media sosial facebook yang berada di wilayah Bandung Raya, dengan sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan secara deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa survei dengan istrumen kuesioner yang disebar secara online. Pengolahan data penelitian menggunakan aplikasi SPSS. Pada penelitian ini, memiliki variabel yaitu keputusan pembellian dengan jumlah tujuh faktor yaitu jumlah produk, bentuk produk, merek, penjualan, jumlah produk, waktu pembelian, dan cara pembayaran,Sunyoto (2013:85-86).Hasil penenelitian ini adalah faktor yang paling tinggi mempengaruhi adalah penentuan waktu pembelian yang berada dikategori sangat baik, dan faktor yang paling rendah mempengaruhi adalah penentuan jumlah produk yang memiliki nilai rata-rata jawaban yang paling rendah dibandingkan factor lainnya.

Deskripsi Alternatif :

The rapid development of information and communication technology has an impact on several fields, one of which is selling and shopping in the community. In this modern era, in 2020, people take advantage of the development of information and communication technology in shopping via the internet. These places to sell can be found in E-Commerce, marketplaces, or online businesses. One of the online shops is Facebook. In addition to socializing, Facebook can also be used for online shopping, this is what led the researchers to write the research title \"Analysis of Product Purchasing Decisions Through Social Media Facebook (Study of Consumers in Bandung Raya). The purpose of this study is to determine what factors have the highest influence on consumers in deciding to buy a product through the Facebook social media and to find out what factors have the lowest influence on consumers in deciding to buy a product through the Facebook social media. This research was conducted on consumers who have bought a product through Facebook social media in the Greater Bandung area, with a sample of 100 respondents. This research is a quantitative research with a descriptive approach. This study uses a data collection method in the form of a survey with an online questionnaire instrument. Research data processing using the SPSS application. In this study, it has variables, namely the purchase decision with a total of seven factors, namely the number of products, product form, brand, sales, number of products, purchase time, and payment method, Sunyoto (2013: 85-86). The results of this study show that the factor with the highest influence is the determination of the purchase time which is in the very good category, and the factor that has the lowest influence is the determination of the number of products that have the lowest average answer value compared to other factors.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Ermina Tiorida, S.E., M.Si., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...