Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Teknik Elektro > Program Studi Teknik Elektronika > 2018
Pengenalan Gestur Tangan Berbasis Metode Logika Fuzzy unutk Mengendalikan Mobile Robot
Hand Gesture Recognition Based on Fuzzy Logic Method for Mobile Robot Control
Skripsi, 021 / 2018 / EKUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-11-08 14:47:30
Oleh : Muhammad Rafqi Azharfianto - 141354023 (mrafqia@gmail.com)
Dibuat : 2018-11-08, dengan 4 file
Keyword : Pengenalan Gestur, Kinect, Logika Fuzzy, Wireless LAN
Subjek : Gesture Recognition, Kinect, Fuzzy logic, Wireless LAN
Pada tugas akhir ini akan dirancang suatu sistem untuk mengendalikan mobile robot menggunakan pengenalan gestur tangan berbasis metode logika fuzzy. Metode eksperimen yang digunakan pada tugas akhir ini adalah kuantitatif eksperimental. Eksperimen dilakukan dengan cara menguji sistem pengendalian mobile robot yang telah dirancang dan direalisasikan. Dalam perancangan sistem ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu tahapan penelitian, perencanaan, pengumpulan data, analisis dan dokumentasi. Tugas akhir ini dititikberatkan pada teknologi pengenalan gestur tangan yang direalisasikan dalam bentuk mengendarai mobile robot. Salah satu kelebihan dari teknologi pengenalan gestur tangan ini dapat diaplikasikan untuk membantu orang-orang disabilitas dalam mengendalikan suatu alat atau dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa isyarat bagi orang yang kesulitan berbicara (tunawicara). Sistem ini menggunakan komunikasi wireless sehingga pengendalian mobile robot dapat dilakukan dari jarak jauh dan komunikasi wireless LAN untuk koneksi kamera sebagai visualisasi pengguna. Pada sistem ini juga terdapat modul microSD yang digunakan sebagai media penyimpanan data guna dijadikan sebagai database. Sistem ini akan bekerja dengan cara membaca gestur tangan berupa gerakan tangan layaknya sedang memagang stir mobil saat berkendara. Gerakan tangan tersebut akan dibaca oleh Kinect. Hasil pembacaan dari Kinect berupa data yang menentukan arah mobil akan bergerak. Kendali logika fuzzy digunakan sebagai pengambil keputusan dari hasil pembacaan Kinect. Keluaran dari logika fuzzy ini berupa sinyal duty cycle yang akan mengatur arah mobile robot. Dengan memanfaatkan teknologi wireless LAN antara kamera dengan pengguna memungkinkan pengguna dapat mengetahui kondisi sekitar alat dengan tempat yang berbeda secara real time. Kata Kunci: Pengenalan Gestur, Kinect, Logika Fuzzy, Wireless LAN.
In this final project will be designed a system to control the mobile robot using the introduction of hand gestures based on fuzzy logic method. The experimental method used in this final project is quantitative experimental. Experiments are carried out by testing the mobile robot control system that has been designed and realized. In designing this system consists of several stages, namely the stages of research, planning, data collection, analysis and documentation. This final project is focused on hand gesture recognition technology that is realized in the form of driving a mobile robot. One of the advantages of this gesture recognition technology can be applied to help people with disabilities in controlling a tool or can be used to translate sign language for people who have difficulty speaking (speech). This system uses wireless communication so that the control of mobile robots can be done remotely and wireless LAN communication for camera connections as user visualization. In this system there is also a microSD module which is used as a data storage medium to serve as a database. This system will work by reading hand gestures in the form of hand movements as if you were handling a steering wheel when driving. The hand movements will be read by Kinect. The reading results from the Kinect are data that determines the direction the car will move. Fuzzy logic control is used as a decision maker from the Kinect reading. The output of this fuzzy logic is a duty cycle signal that will regulate the direction of the mobile robot. By utilizing wireless LAN technology between cameras and users allows users to know the conditions around the device with different places in real time. Keywords: Gesture Recognition, Kinect, Fuzzy logic, Wireless LAN.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Dr. Ir. Noor Cholis Basjaruddin, M.T.
Pembimbing 2: Ir. Edi Rakhman, M.Eng., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN SKRIPSI - 141354023.pdf
(940921 bytes)
File : BAB 1 - 141354023.pdf
(170405 bytes)
File : BAB 2 - 141354023.pdf
(381386 bytes)
File : BAB 5 - 141354023.pdf
(165913 bytes)