Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019
Pembuatan Sistem Informasi Pengelolaan Administrasi Penyewaan Kendaraan Berbasis Web Pada PT Dutar Barokah Grup
Creating Information System Management For Vehicle Rental Administration Web-Based PT Dutar Barokah Grup
Tugas Akhir, 057 / 2019 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-17 09:46:36
Oleh : Nabila Husna - 165211059 (husnanabila18.nh@gmail.com)
Dibuat : 2020-02-17, dengan 4 file
Keyword : Administrasi, Aplikasi, Sistem Informasi
Subjek : Administration, Application, Information System
PT Dutar Barokah Grup adalah tempat usaha yang bergerak dalam bidang rental mobil. Tujuan dari PT Dutar Barokah Grup adalah menjadi perusahaan penyedia layanan transportasi dengan kualitas prima dengan mengandalkan sistem manajemen yang profesional. Namun pengelolaan administrasi di bagian penyewaan belum sesuai dengan tujuan dari perusahaan. Hal itu dapat dilihat dari pengelolaan administrasi transaksi sewa yang tidak efektif, baik dengan dicatat secara manual maupun di input kedalam database, dan bagian penyewaan yang masih belum berkomitmen untuk mengeluarkan faktur dan tanda terima sebagai bagian dari alur transaksi sewa kendaraan. Permasalahan tersebut menyebabkan perusahaan kurang mendapat informasi dari transaksi sewa, menyulitkan dalam penentuan penyelesaian transaksi dan pendapatan perusahaan menjadi terhambat. Tujuan pembuatan aplikasi sistem informasi transaksi sewa ini untuk membantu bagian penyewaan dalam mengolah data transaksi sewa dengan sistematis dan efisien. Sistem informasi adalah kerangka kerja yang membantu dalam mengekoordinasikan sumber daya baik manusia maupun komputer untuk mengubah input menjadi output berupa informasi yang dapat dijadikan pengambilan keputusan oleh perusahaan (Nugroho, 2017). Sistem informasi untuk pengelolaan administrasi penyewaan kendaraan dirancang menggunakan metode SDLC model air terjun. Hasil dari pembuatan aplikasi ini membantu pengelolaan transaksi sewa menjadi lebih terstruktur dan cepat seperti adanya fitur pengecekan ketersediaan kendaraan dan pembuatan faktur otomatis, menghilangkan duplikasi data, serta menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan. Adapun kelemahan dari aplikasi ini adalah pencetakan formulir dan laporan yang harus di export terlebih dahulu ke Microsoft Excel sehingga perusahaan sebaiknya menambahkan fitur pencetakan langsung dari aplikasi agar aplikasi dapat bekerja menjadi lebih efisien. Kata Kunci: Administrasi, Aplikasi, Sistem Informasi.
Deskripsi Alternatif :PT Dutar Barokah Group is a place of business that is engaged in car rental. The aim of PT Dutar Barokah Group is to become a top quality transportation service company by relying on a professional management system. However, the management of the administration in the rental department is not in accordance with the objectives of the company. This can be seen from the ineffective management of rental transaction administration, either by manually recording or inputting it into the database, and the leasing department that is still not committed to issuing invoices and receipts as part of the flow of vehicle rental transactions. These problems cause companies to get less information from leasing transactions ,difficult to determine transaction settlement and company revenue is hampered. The purpose of making this rental transaction information system application is to help the leasing department in processing lease transaction data systematically and efficiently. Information system is a framework that helps in coordinating both human and computer resources to convert input into output in the form of information that can be used as decision making by companies (Nugroho, 2017). The information system for managing vehicle rental administration is designed using the SDLC waterfall model. The results of making this application help manage rental transactions to be more structured and faster such as the feature of checking vehicle availability and making automated invoices, eliminating duplicate data, and producing useful information in decision making. The disadvantages of this application are the printing of forms and reports that must be exported first to Microsoft Excel so that the company should add the printing feature directly from the application so that the application can work more efficiently. Keywords: Administration, Application, Information System.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dra. Maya Setiawardani, M.Pd., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 165211059.pdf
(1469531 bytes)
File : BAB 1 - 165211059.pdf
(180017 bytes)
File : BAB 2 - 165211059.pdf
(228181 bytes)
File : BAB 4 - 165211059.pdf
(171009 bytes)