Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Pada HaloDoc (Studi Pada Pengguna HaloDoc)

The Impact Of e-Service Quality On e-Customer Satisfaction On HaloDoc (Study On HaloDoc Users)

Skripsi, 013 / 2020 / BA
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2021-05-25 10:24:19
Oleh : Nada Salsabila - 165254020 (nadasalsabila880@gmail.com)
Dibuat : 2021-05-25, dengan 4 file

Keyword : Technological advancement, Business, E-Commerce, E-Service Quality, E-Customer Satisfaction, HaloDoc
Subjek : Technological advancement, Business, E-Commerce, E-Service Quality, E-Customer Satisfaction, HaloDoc.

Kemajuan teknologi saat ini telah merubah beberapa aspek kehidupan salah satunya adalah aspek pada pola kegiatan bisnis dan industri perdagangan. Salah satu bentuk nyata kemajuan teknologi adalah internet. Hal yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi yaitu internet dalam ruang lingkup bisnis adalah dengan beralih menjadi sebuah e-commerce. E-commerce yang bergerak di bidang jasa khususnya di Indonesia adalah HaloDoc, yaitu sebuah platform digital yang bergerak di bidang kesehatan. Agar pengguna (konsumen) merasakan kepuasan saat melakukan belanja online (e-customer satisfaction) maka kualitas pelayanan merupakan salah satu aspek yang perlu diperhitungkan dalam sebuah e-commerce atau istilah tersebut dikenal dengan e-service quality. Pada pre-survey yang dilakukan, sebagian responden mengatakan bahwa masih terdapat beberapa hal yang kurang dalam e-service quality yang ditawarkan oleh HaloDoc dari segi efficiency, fulfillment, system availability, dan contact. Timbulnya permasalahan tersebut, maka hal ini dirasa layak untuk diteliti lebih lanjut sehingga pada akhirnya diketahui bagaimana pengaruh e-service quaility terhadap e-customer satisfaction pada HaloDoc. Pendekatan kuantitatif dengan metode survei eksplanatori atau dapat disebut dengan survei deskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh pengguna HaloDoc di Indonesia, dengan jumlah sampel sebanyak 151 responden dan teknik non-probability sampling dengan cara purposive samplingi digunakan dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini. Untuk mengolah data pada penelitian ini maka digunakan IBM SPSS Statistics 23 sebagai alat pengolah data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-service quality dan e-customer satisfaction pada HaloDoc berada dalam kategori tinggi. Selain itu, penelitian ini menghasilkan bahwa e-service quailty memiliki pengaruh yang positif terhadap e-customer satisfaction pada HaloDoc. Penemuan pada penelitian ini ditujukan agar objek penelitian mampu meningkatkan kembali kualitas pelayanannya agar pengguna (konsumen) dapat merasakan kepuasan melalui pengalaman belanja online-nya di HaloDoc. Kata Kunci : Kemajuan Teknologi, Bisnis, E-Commerce, E-Service Quality, E-Customer Satisfaction, HaloDoc.

Deskripsi Alternatif :

The technological advanced nowadays have changed several aspects of life, one of which is aspects of the pattern of business activities and the trade industry. One of the real forms of technological advancement is the internet. One thing that can be done in utilizing the sophistication of technology, namely the internet in the scope of business is to switch to an e-commerce. E-commerce that is engaged in services, especially in Indonesia, is HaloDoc, which is a digital platform engaged in the health sector. In order for users (consumers) to feel satisfaction when shopping online (e-customer satisfaction), service quality is one aspect that needs to be taken into account in an e-commerce or this term is known as e-service quality. In the pre-survey conducted, some respondents said that there were still some things that were lacking in the e-service quality offered by the HaloDoc in terms of efficiency, fulfillment, system availability, and contact. The emergence of these problems, then this matter is deemed worthy of further investigation so that in the end it is known how the effect of e-service quality on e-customer satisfaction on HaloDoc. A quantitative approach with an explanatory survey method or it can be called a descriptive survey is the method used in this research. The population in this study were all HaloDoc users in Indonesia, with a total sample size of 151 respondents and non-probability sampling techniques by purposive sampling were used in sampling in this study. To process the data in this study, IBM SPSS Statistics 23 was used as a tool. data processing. The results of this study indicate that e-service quality and e-customer satisfaction at HaloDoc are in the high category. In addition, this study shows that e-service quailty has a positive effect on e-customer satisfaction at HaloDoc. The findings in this study are intended so that the object of research is able to improve the quality of its service again so that users (consumers) can feel satisfaction through their online shopping experience at HaloDoc. Keywords: Technological advancement, Business, E-Commerce, E-Service Quality, E-Customer Satisfaction, HaloDoc.

Beri Komentar ?#(17) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Sholihati Amalia, S.Sos., M.Pd., Editor: Erlin Arvelina

Download...