Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian BTS Meal (Studi Pada Konsumen BTS Meal Di Kota Bandung)

Analysis Of Factors Affecting The Decision To Purchase BTS Meal (Study On BTS Meal Consumers In Bandung City)

Tugas Akhir, 045 / 2021 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-04-26 12:28:08
Oleh : Nadia Padilah - 185211050 (nadia.padilah.abs18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-04-26, dengan 4 file

Keyword : BTS Meal, BTS X McDonalds, Keputusan Pembelian
Subjek : BTS Meal, BTS X McDonald, Buying Decision

Pada tanggal 26 Mei 2021 para penggemar grup idola BTS dikejutkan dengan McDonald's yang melakukan inovasi dengan berkerja sama dengan boy band ternama asal korea selatan yaitu BTS dengan melakukan kolaborasi BTS X McDonalds dengan meluncurkan produk "BTS Meal", BTS Meal ini merupakan produk eksklusif McDonalds yang terdiri dari 8 chicken nugget, satu gelas cola, kentang goreng dan dua saus special. Kolaborasi ini mendapat perhatian besar dari masyarakat khususnya bagi para penggemar BTS, kolaborasi tersebut mulai diluncurkan di Indonesia pada tanggal 9 juni 2021. Euforia kehadiran BTS Meal ini cukup menghebohkan, di Indonesia sendiri makanan yang dapat dipesan drive thru agar mendapat kemasan khusus BTS ini menimbulkan antrian yang cukup panjang di gerai-gerai McDonalds di Indonesia, selain itu banyak sekali berita yang bermunculan ketika hadirnya BTS Meal ini, mulai dari, trending di twitter Indonesia dengan #BTSMeal, donasi yang dilakukan oleh army Indonesia terhadap pengemudi ojek online, terjadinya keramaian diberbagai gerai Mcdonalds, dan trend mendaur ulang kemasan bts meal menjadi hiasanpun menjadi popular dikalangan penggemar BTS, dijualnya kemasan kosongan BTS Meal di market placepun menjadi viral, timbulnya keramaian yang terjadi di gerai-gerai Mcdonald ini berujung pada di tutupnya gerai McDonalds untuk sementara, di Jakarta sendiri tercatat 20 gerai Mcdonalds yang ditutup pasca fenomena BTS Meal ini terjadi. Sementara di bandung sendiri tercatat 3 gerai Mcdonalds yang ditutup yaitu Mcdonalds Cibiru, Mcdonalds Buah Batu dan Mcdonalds Kopo Mas. Sementara di Semarang 5 gerai McDonads di tutup oleh satpol pp. Penutupan gerai McDonalds pun turut terjadi di Surabaya, Bali Berdasarkan fanomena tersebut penulis tertarik meneliti mengenai fenomena tersebut dan mengusung tema tersebut kedalam sebeuah penelitian yang berjudul Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk BTS Meal. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apa faktor keputusan pembelian yang paling mempengaruhi konsumen dalam menentukan keputusan pembelian produk BTS Meal di kota Bandung. Teori yang dipakai dalam keputusan pembelian ini adalah teori demensi keputusan pembelian menurut Kotler, penelitian menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian mencapai 200 orang responden. Buah dari penelitian ini menilai bahwa dimensi waktu pembelian ada pada kategori yang "Baik", sementara dimensi pemilihan produk berada dalam kategori yang sangat baik, lalu dimensi merek berada dalam kategori yang baik, lalu dimensi pemilihan penyalur ada pada kategori yang "Sangat Baik", dan dimensi jumlah pembayaran berada dalam kategori yang baik dan dimensi cara pembayaran ada pada kategori "Baik", sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian produk BTS Meal ialah faktor pemilihan produk dan faktor yang paling rendah adalah faktor cara pembayaran. Kata Kunci: BTS Meal, BTS X McDonalds, Keputusan Pembelian.

Deskripsi Alternatif :

On May 26, 2021 fans of the BTS idol group were surprised by McDonald's which innovated by collaborating with a famous boy band from South Korea, namely BTS by collaborating with BTS X McDonalds by launching the product "BTS Meal", this BTS Meal is an exclusive product of McDonald's which consists of 8 chicken nuggets, one glass of cola, French fries and two special sauces. This collaboration received great attention from the public, especially from BTS fans, the collaboration began to be launched in Indonesia on June 9, 2021. The euphoria of the presence of the BTS Meal was quite horrendous, in Indonesia, food that can be ordered by drive-thru to get special BTS packaging causes long queue at several McDonald's outlets in Indonesia, besides that there is a lot of news was going viral since BTS Meal was launched, such as being trending on Indonesian Twitter with #BTSMeal, donations made by the Indonesian Army to online motorcycle taxi drivers, crowds in various outlets Mcdonalds, and the trend of recycling BTS meal packaging into decorations has also become popular among BTS fans, the sale of empty BTS Meal packages in market places has gone viral, the crowds that have occurred in McDonald's outlets have led to the temporary closure of McDonald's outlets, in Jakarta. 20 McDonalds outlets closed after the BTS Meal phenomenon occurred. While in Bandung, there were 3 McDonald's outlets that were closed, is McDonald's Cibiru, McDonald's Buah Batu, and McDonald's Kopo Mas. Meanwhile, in Semarang, 5 McDonalds outlets were closed by Satpol PP. The closing of Mcdonalds' outlets also occurred in Surabaya, Bali and so on. Based on this phenomenon, the authors are interested in researching this phenomenon and bringing the theme into a study entitled Analysis of Factors Affecting Purchase Decisions for BTS Meal Products. This study aims to determine what purchasing decision factors most influence consumers in determining purchasing decisions for BTS Meal products in the city of Bandung. The theory used in this purchase decision is the theory of purchasing decision dimensions according to Kotler, the research uses quantitative descriptive analysis methods with the number of research samples reaching 200 respondents. The results of this study assess that the purchase time dimension is in the "Good" category, while the product selection dimension is in the very good category, then the brand dimension is in a good category, then the dealer selection dimension is in the "Very Good" category, and the dimensions of the amount of payment are in a good category and the dimensions of the method of payment are in the "Good" category, so it can be concluded that the factors that influence consumers in purchasing BTS Meal products are product selection factors and the lowest factor is the payment method. Keywords: BTS Meal, BTS X McDonald, Buying Decision.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Ma'mun Sutisna, S.Sos., M.Pd., Editor: Erlin Arvelina

Download...