Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019

Pengaruh Implementasi Green Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen The Body Shop di Kota Bandung)

The Influence of Green Marketing Mix Implementation on Purchase Decision (Study on Consumer of The Body Shop in Bandung City)

Skripsi, 018 / 2019 / BA
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-01-03 10:43:14
Oleh : Nanda Fitria Siti Fatimah - 155254020 (nanda.fitria.abs415@polban.ac.id)
Dibuat : 2020-01-03, dengan 4 file

Keyword : green marketing mix, keputusan pembelian, The Body Shop
Subjek : green marketing mix, purchase decision, The Body Shop

Green marketing mix atau yang biasa disebut dengan bauran pemasaran hijau adalah sebuah konsep dimana upaya kegiatan yang berkaitan dengan produk, harga, tempat dan promosi dengan mempertimbangkan kelestarian lingkungan atau kesehatan lingkungan. Saat ini, banyak organisasi-organisasi muncul dengan slogan ramah lingkungan pada perusahaannya. Salah satunya adanya The Body Shop. The Body Shop merupakan pelopor perusahaan dalam bidang perawatan atau kesehatan kulit yang menerapkan konsep green marketing mix. Akan tetapi, dengan terus menurunnya penjualan The Body Shop beserta pangsa pasarnya, dikhawatirkan apabila hal tersebut terus dibiarkan akan membuat konsumen beralih ke pesaing lain. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bauran pemasaran hijau di The Body Shop Kota Bandung (2) keputusan pembelian konsumen di The Body Shop Kota Bandung (3) pengaruh green marketing mix terhadap keputusan pembelian secara simultan (4) pengaruh green marketing mix terhadap keputusan pembelian secara parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, analisis korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing mix termasuk dalam kategori cukup baik. sedangkan keputusan pembelian berada dalam ketgori baik. Secara simultan, green marketing mix berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. apabila secara parsial, tidak semua dimensi green marketing mix berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Green price dan green promotion berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sedangkan green product dan green place tidak berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian. Pengaruh implementasi green marketing mix terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 31,9%. Kata kunci: green marketing mix, keputusan pembelian, The Body Shop.

Deskripsi Alternatif :

Green Marketing Mix is a concept where activities related to the product, price, place and promotion with the sustainability of the environment or environmental health. Nowadays, many organisations appear with an environmentally friendly slogan on their company. Example is The Body Shop. The Body Shop is the pioneer company in the field of health care or skin that implements the concept of green marketing mix. However, The Body Shop have decreased sales and their market share, and if it continues, it will be make consumers move on to other competitors. Therefore, the research aims to know (1) The green Marketing Mix in The Body Shop of Bandung (2) Consumer purchase decision in The Body Shop of Bandung (3) The influence of green Marketing mix against The purchase decision simultaneously (4) Effect of green marketing mix against purchase decisions partially. The methods used in this research are quantitative research methods. While the data analysis methods used are descriptive statistical analyses, classical assumption tests, multiple linear analyses, correlation analysis and hypothesis testing. The results showed that green marketing mix belongs to the category quite well. While the purchase decision is in good category. Simultaneously, green marketing mix has positive effect on purchasing decision. When partially, not all dimensions of green marketing mix are positively influential in purchasing decisions. Green price and green promotion effect positively on purchasing decisions while green product and green place do not positively affect the purchasing decision. The effect of green marketing mix on the purchase decision is 31.9%. Keywords: green marketing mix, purchase decision, The Body Shop.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Maya Setiawardani, M.Pd., Editor: Erlin Arvelina

Download...