Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2018

Rencana Pemasaran: Program Jasa Pelatihan Politeknik Manufaktur Negeri Bandung

Marketing Plan: Service Training Program Politeknik Manufaktur Negeri Bandung

Tugas Akhir, 054 / 2018 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2019-02-25 11:18:12
Oleh : Neng Sari Nengsih - 155231056 (nengsari0702@gmail.com)
Dibuat : 2019-02-25, dengan 4 file

Keyword : Pelatihan, Rencana Pemasaran, Faktor Lingkungan, Analisis SWOT
Subjek : Training, Marketing Plan, Environmental Factor, SWOT Analysis

Laporan ini dibuat untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang sedang terjadi, dengan menganalisa dan membuat rencana pemasaran yang berisikan strategi dan program yang akan digunakan oleh Politeknik Manufakur Negeri Bandung (POLMAN). Permasalahan tersebut terdapat pada Unit Pelayanan Masyarakat (UPM) khususnya pada bagian pelatihan, yaitu terjadinya penurunan secara drastis pada produk pelatihan manufaktur, tetapi untuk pelatihan lainnya mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang harus diperbaiki, seperti pelayanan yang masih kurang baik , jadwal yang belum terkoordinasi dengan baik, serta daya saing yang dimiliki kurang kuat. Namun, walaupun POLMAN memiliki beberapa kelemahan, pelatihannya memiliki beberapa keunggulan seperti memiliki tenaga pengajar yang ahli dibidangnya, memiliki mesin-mesin manufaktur yang lengkap, memiliki brand image , dan yang lainnya. Dalam menentukan startegi dan programnya, diperlukan sebuah analisis untuk mengidentifikasi lingkungan perusahaan yang meliputi lingkungan intrenal dan eksternal. Hal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu seperti; melakukan wawancara mendalam dengan pihak perusahaan yang mengerti tentang pelatihan dan konsumen yang sedang melakukan pelatihan, membuat kuisioner untuk karyawan perusahaan dan konsumen untuk mengetahui kualitas pelatihan, serta memperhatikan tren-tren lingkungan yang berpengaruh. Pada analisis tersebut akan dihasilkan beberapa indikator untuk membuat strategi dan program untuk rencana pemasaran pelatihan satu tahun kedepan. Dalam penyusunan rencana pemasaran ini, akan dilakukan beberapa diskusi mengenai strategi dan programnya. Diharapkan hasil tersebut yang berupa rencana pemasaran dapat diterapkan oleh POLMAN pada produknya yaitu pelatihan. Kata Kunci: Pelatihan, Rencana Pemasaran, Faktor Lingkungan, Analisis SWOT.

Deskripsi Alternatif :

This report was made to solve a problem that is happening, by analyzing and creating a marketing plan that contains strategies and programs that will be used by Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN). The problem is in the Division Public/Industrial Service Unit, especially in the training section, that is the drastic decrease in the product of manufacturing training, but for other training have increased. This caused by some factor we should to improved, such as services that are still not good, the schedule that has not been well coordinated, and competitiveness that is less powerful. However, although POLMAN has some weaknesses, the training has several advantages such as has a skilled lecturer in their field , complete manufacturing machines, brand image, and etc. In determining the strategy and the program required an analysis to identify the company environment that includes internal and external environment. It can be done in several ways such as conducting in-depth interviews with companies that understand about training and consumers who are doing the training, making questionnaires for employees of companies and consumers to know about quality of training, ass well as attention to influential environmental trends. In the analysis will be generated some indicators to create strategies and programs for marketing training plan one year ahead. In the preparation of this marketing plan, will do some discussion about the strategy and program. It is expected that the result in the form of marketing plan can be applied by POLMAN on its product that is training. Keywords: Training, Marketing Plan, Environmental Factor, SWOT Analysis.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Mohamad Farid Najib, SE., M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...