Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2018

Persepsi Karyawan terhadap Rotasi Kerja di PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation Kota Bandung

Employee Perceptions of Job Rotation in PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation Bandung

Tugas Akhir, 019 / 2018 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-11-27 12:22:17
Oleh : Nida Durrotun Nashihah - 155211020 (nidadurrotun20@gmail.com)
Dibuat : 2018-11-27, dengan 4 file

Keyword : Rotasi kerja, Persepsi Karyawan, Transfer knowledge
Subjek : Job rotation, Employee perception, Transfer knowledge

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memotivasi karyawan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah rotasi kerja. Program rotasi kerja yang di adakan di PT Astra International Tbk. – Isuzu Sales Operation Kota Bandung bertujuan sebagai sarana penyegaran agar karyawan tidak mengalami kejenuhan saat bekerja dan untuk menambah pengetahuan serta kemampuan karyawan agar semakin beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi karyawan terhadap rotasi kerja yang selama ini mereka jalankan. Grand theory yang digunakan adalah persepsi karyawan menurut Kotler & Amstrong (2017) dan rotasi kerja menurut Wahyudi (2012). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan metode analisis data model Miles & Huberman. Berdasarkan persepsi karyawan, praktik rotasi kerja yang telah mereka jalankan mampu mengurangi kejenuhan kerja, menambah pengetahuan dan pengalaman, meningkatkan jaringan komunikasi, membantu menemukan posisi kerja yang tepat, dan membantu mempersiapkan promosi jabatan. Dalam pelaksanaan rotasi kerja tersebut, terdapat beberapa hambatan, yaitu dalam proses transfer knowledge, kesulitan dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja baru, dan kesulitan untuk membuat suasana kerja yang nyaman bagi karyawan yang di pimpin. Kata kunci: Rotasi kerja, Persepsi Karyawan, Transfer knowledge.

Deskripsi Alternatif :

There are several ways that companies can motivate their employees. One way that can be done is job rotation. Job rotation is the transfer of employees from one position to another position without any change of salary or level. The aims of job rotation program in PT Astra International Tbk.-Isuzu Sales Operation Bandung are as a refreshment so the employees are not saturated while working and to increase the knowledge and ability of employees. The purpose of this study is how employee perceptions of job rotation. Grand theory that used is employee perceptions by Kotler & Amstrong (2017) and job rotation by Wahyudi (2012). The research method used is descriptive with qualitative approach and the sampling method is saturated sampling. The data collection method use is interview with the analysis method is Miles & Huberman models. In the implementation of the job rotation, there are some obstacles in the process of transfer knowledge, difficulty in adapting to new work environment, and difficulty to create a comfortable work's atmosphere for employees who led. Keywords: Job rotation, Employee perception, Transfer knowledge.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Marwansyah, S.E., M.Si., Ph.D., Editor: Erlin Arvelina

Download...