Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021

Analisis Kualitas Layanan Dompet Digital Shopeepay Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Masyarakat Pengguna Dompet Digital Shopeepay di Kota Bandung)

Analysis The Service Quality Of Shopeepay E-Wallet During The Covid-19 Pandemic (Studies on Community Users of Shopeepay E-wallet In Bandung City)

Tugas Akhir, 019 / 2021 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-04-18 12:59:11
Oleh : Nurfitriannisa Avirastika Rahma Putri - 185211018 (nur.fitriannisa.abs18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-04-18, dengan 4 file

Keyword : Shopeepay, kualitas layanan, dompet digital, covid-19
Subjek : Shopeepay, service quality, digital wallet, covid-19

Sejak bulan Maret 2020 lalu, Indonesia termasuk ke dalam negara yang terdampak virus covid-19. Dengan begitu, banyak aktivitas yang biasa dilakukan masyarakat dialihkan melalui jaringan internet, termasuk kegiatan jual-beli. World Health Organization (WHO) memberitakan bahwa virus corona ini dapat menyebar melalui benda mati, dapat diartikan bahwa masyarakat sebaiknya lebih waspada dalam melakukan transaksi dengan menggunakan uang tunai. Pemerintah pusat telah memberi himbauan kepada masyarakat agar sebaiknya bertransaksi secara digital, hal tersebut merupakan upaya agar masyarakat dapat terhindar dari kontak fisik. Saat ini penggunaan alat transaksi digital terus meningkat, termasuk Shopeepay yang merupakan salah satu dompet digital dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Dibalik banyaknya keuntungan dalam penggunaan Shopeepay, terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan. Dengan demikian, perlu dilakukannya analisis terhadap kualitas pelayanan dari penyedia jasa kepada user atau penggunanya ketika situasi pandemi covid-19 termasuk pada Kota Bandung sebagai Kota yang dijuluki Smart City. Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk membuktikan bagaimana tingkat kualitas pelayanan dari penyedia jasa kepada user atau pengguna serta untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan dilihat dari seluruh dimensi kualitas layanan dompet digital Shopeepay ketika situasi pandemi covid-19 pada Kota Bandung. Dimensi kualitas layanan tersebut meliputi dimensi responsiveness, dimensi empathy, dimensi tangible, dimensi assurance dan dimensi reliability. Dalam mengumpulkan data dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner pada 200 responden dan deskriptif kuantitatif adalah ebuah metode penelitian yang diterapkan pada penelitian kali ini. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil yang dapat menyimpulkan bahwa kualitas layanan dompet digital Shopeepay ketika pandemi covid-19 di Kota Bandung sudah baik. Dimensi tangible adalah dimensi dengan nilai tertinggi, sedangkan dimensi empathy adalah dimensi dengan nilai terendah. Kata Kunci: Shopeepay, kualitas layanan, dompet digital, covid-19.

Deskripsi Alternatif :

Since March 2020, Indonesia has been one of the countries was affected by the COVID-19 virus. Because of that, many activities that people usually do are diverted through the internet, including buying and selling activities. The World Health Organization (WHO) reports that the virus can spread through inanimate objects, which means that people should be more vigilant in making transactions using cash. In addition, the government has also appealed to the public to transact digitally, this is an effort so that people can avoid physical contact. Currently, the use of digital transaction tools continues to increase, including Shopeepay which is the one of the digital wallets with the most users in Indonesia. Behind the many advantages of using Shopeepay, there are several things that need to be improved. Thus, it is necessary to analyze the quality of services provided to users during the COVID-19 pandemic including in the city of Bandung which is dubbed as Smart City. This study aims to find out how the quality of services provided to users is and to find out how the quality of services seen from all dimensions of Shopeepay digital wallet service quality during the COVID-19 pandemic in Bandung City. The dimensions of service quality include tangible dimensions, reliability dimensions, responsiveness dimensions, assurance dimensions and empathy dimensions. Data was collected by distributing questionnaires to 200 respondents and the method used was quantitative descriptive analysis. The results obtained show that the quality of Shopeepay's digital wallet services during the COVID-19 pandemic in Bandung City is good. The tangible dimension is the dimension with the highest value, while the empathy dimension is the dimension with the lowest value. Keywords: Shopeepay, service quality, digital wallet, covid-19.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Ma’mun Sutisna, S.Sos., M.Pd., Editor: Erlin Arvelina

Download...