Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Aplikasi Go-Food Selama Pandemik COVID-19 (Studi Pada Konsumen Kota Bandung)

The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction of Go-Food Application Users During The COVID-19 Pandemic (Study on Bandung City Consumers)

Tugas Akhir, 015 / 2020 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-28 11:11:07
Oleh : Nur Suci Vidina - 175211018 (sucividinaaa@gmail.com)
Dibuat : 2022-03-28, dengan 4 file

Keyword : Go-Food, PT Gojek Indonesia, Service Quality, Customer Satisfaction, Pandemic COVID-19.
Subjek : Go-Food, PT Gojek Indonesia, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Pandemik COVID-19.

Aplikasi Go-Food merupakan aplikasi yang melayani pemesanan makanan maupun minuman secara online yang dibuat oleh PT Gojek Indonesia. Terdapat beberapa kebijakan baru yang dibuat oleh PT Gojek Indonesia untuk mengurangi penyebaran pandemik COVID-19 ini, namun masih ada sebagian mitra driver maupun mitra merchant yang masih belum menerapkan kebijakan tersebut seperti masih terdapat driver Go-Food yang tidak konsisten dalam menggunakan masker dan sarung tangan, belum terdapat jaminan kebersihan pengolahan makanan atau minuman dari pihak penjual, dan perusahaan belum menjamin penerapan social distancing pada karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan oleh aplikasi Go-Food, bagaimana kepuasan pelanggan aplikasi Go-Food dan untuk mengungkap apakah kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna aplikasi Go-Food selama pandemik COVID-19 pada konsumen Kota Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 912.000 orang masyarakat Kota Bandung pada kelompok usia muda (15-34 tahun) yang menggunakan aplikasi Go-Food selama pandemik COVID-19 dengan jumlah sampel sebanyak 384 orang konsumen Go-Food. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling acak sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik survey melalui penyebaran kuesioner online melalui google form. Data penelitian ini dianalisis dengan analisis deskriptif variabel dan regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT Gojek Indonesia dalam aplikasi Go-Food selama pandemik COVID-19 pada konsumen Kota Bandung termasuk pada kategori baik, konsumen Kota Bandung merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh aplikasi Go-Food selama pandemik COVID-19 dan terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna aplikasi Go-Food selama pandemik COVID-19 pada konsumen Kota Bandung.

Deskripsi Alternatif :

The Go-Food application is an application that serves food and beverage orders online made by PT Gojek Indonesia. There are several new policies made by PT Gojek Indonesia to reduce the spread of the COVID-19 pandemic, but there are still some driver partners and merchant partners who have not implemented these policies, such as there are Go-Food drivers who are inconsistent in using masks and gloves. , there is no guarantee on the cleanliness of food or beverage processing from the seller, and the company has not guaranteed the application of social distancing to its employees. This study aims to reveal how the quality of service provided by the Go-Food application, how customer satisfaction is in the Go-Food application and to reveal whether service quality has an influence on customer satisfaction of Go-Food application users during the COVID-19 pandemic in Bandung City consumers. This type of research is quantitative research with descriptive methods. The population used in this study was 912,000 people in the young age group of Bandung (15-34 years) who used the Go-Food application during the COVID-19 pandemic with a total sample of 384 Go-Food consumers. The sampling technique used a simple random sampling technique. The data collection technique used in this study was a survey technique through distributing online questionnaires via google form. The research data were analyzed by using variable descriptive analysis and simple linear regression. The results of this study indicate that the quality of service provided by PT Gojek Indonesia in the Go-Food application during the COVID-19 pandemic to Bandung City consumers is in the good category, Bandung City consumers are satisfied with the services provided by the Go-Food application during the COVID-19 pandemic. -19 and there is a positive and significant effect of service quality on customer satisfaction of Go-Food application users during the COVID-19 pandemic on Bandung City consumers.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Dr. Drs. Harmon Chaniago, M.Si.


    Pembimbing 2: Mohammad Rizal Gaffar, S.T., M.M., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...