Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Analisis Kepuasan Konsumen di Pasar Tradisional Saat Pandemik Covid-19 (Studi Pada Konsumen Pasar Antri Baru Kota Cimahi)

Analysis of Customer Satisfaction in Traditional Markets During The Covid-19 Pandemic (Study on Pasar Antri Baru Cimahi City Consumers)

Tugas Akhir, 017 / 2020 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-03-28 11:22:06
Oleh : Nurul Azmi Afifah - 175211020 (nurul.azmi.abs17@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-03-28, dengan 4 file

Keyword : Analysis Customer Satisfaction, Traditional Markets, Covid-19, Pandemic, asar Antri Baru, Cimahi City, Consumers)
Subjek : Analisis Kepuasan Konsumen, Pasar Tradisional, Pandemik, Covid-19, onsumen, Pasar Antri Baru, Kota Cimahi)

Peran pasar tradisional penting dalam kehidupan masyarakat. Sampai saat ini pasar tradisional dianggap sebagai pondasi dasar dalam perekonomian di berbagai wilayah di Indonesia. Pasar Antri Baru merupakan pasar tradisional terbesar di Kota Cimahi. Pada masa Pandemik Covid-19 sektor bisnis mengalami penurunan drastis. Dalam upaya memutus penyebaran virus corona, berbagai tempat dan fasilitas umum ditutup sementara keculi tempat yang menyediakan kebutuhan pokok salah satunya adalah pasar tradisional. Saat Pandemik Covid-19 Pasar Antri Baru mengalami penurunan jumlah pengunjung sebesar 40% dari biasanya dan mendapat keluhan dari beberapa konsumennya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kepuasan konsumen di Pasar Antri Baru saat Pandemik Covid-19 dan untuk mengetahui dimensi tertinggi dan terendah yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data disajikan dengan menggunakan perhitungan rata-rata, standar deviasi, nilai minimum dan nilai maksimum. Teknik pengumpulan menggunakan kuesioner, observasi lapangan dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian menyatakan bahwa kepuasan konsumen di Pasar Antri Baru Kota Cimahi saat Pandemik Covid-19 termasuk dalam kategori baik. Dimensi yang memiliki nilai tertinggi yaitu harga sedangkan dimensi terendahnya adalah pelayanan. Masing-masing dimensi dari kepuasan konsumen dalam penelitian ini, masih terdapat indikator yang perlu diperbaiki yaitu kesegaran produk yang dijual, kebersihan tempat berjualan, penambahan fasilitas untuk mencuci tangan, kenyamanan konsumen dari segi penegakan aturan protokol kesehatan, dan kemudahan dalam menemukan produk yang dibutuhkan oleh konsumen.

Deskripsi Alternatif :

The role of traditional markets is important in people's lives. Until now, traditional markets are considered as the basic foundation of the economy in various regions in Indonesia. Pasar Antri Baru is the largest traditional market in Cimahi City. During the Pandemic Covid-19 the business sector experienced a drastic decline. In an effort to cut the spread of the corona virus, various places and public facilities are temporarily closed, except for places that provide basic needs, one of which is traditional markets. During the Pandemic Covid-19, Pasar Antri Baru experienced a decrease in the number of visitors by 40% than usual and received complaints from several consumers. This research was conducted to determine how customer satisfaction was in Pasar Antri Baru during the Pandemic Covid-19 and to find out the highest and lowest dimensions that affect customer satisfaction. The method used in this research is descriptive analysis with a quantitative approach. Data is presented using the calculation of the mean, standard deviation, minimum value and maximum value. The collection technique used a questionnaire, field observation and unstructured interviews. The results of the study stated that consumer satisfaction at Pasar Antri Baru in Cimahi City during the Pandemic Covid-19 was in a good category. The dimension that has the highest value is price while the lowest dimension is service. For each dimension of customer satisfaction in this study, there are still indicators that need to be improved, namely the freshness of the products being sold, the cleanliness of the places, the addition of facilities for washing hands, the convenience of consumers in terms of enforcement of health protocol rules, and the ease of finding the products needed by consumer

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Ermina Tiorida, S.E., M.Si., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...