Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2019

Eksplorasi Penghapusan Kebijakan Bagasi Tidak Berbayar Pada Maskapai Lion Air Terhadap Minat Beli Konsumen

Exploration of Deletion Free Bagagge Policy by Lion Air Through Customer's Buying Interest

Tugas Akhir, 020 / 2019 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-18 10:24:31
Oleh : Oktavianus Hendra Woda Mayor - 165231020 (mayoroktavianus@gmail.com)
Dibuat : 2020-02-18, dengan 4 file

Keyword : Maskapai Lion Air, Kebijakan Bagasi Tidak Berbayar, Kenaikkan Harga, Minat Beli
Subjek : Lion Air Airlines, Paid Baggage Policy, Increase Prices, Customer Buying Interest

Di Indonesia terdapat begitu banyak perusahaan penerbangan yang menyediakan jasa penerbangan domestik maupun internasional. Salah satu maskapai penerbangan yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia adalah Lion Air. Sesuai dengan slogannya yaitu "We Make People Fly", Lion Air memberikan harga murah (Low Cost Carrier) kepada pelanggannya. Hal ini sudah menjadi citra atau image Lion Air dibenak konsumen. Diawal tahun 2019, pihak maskapai Lion Air memberlakukan kebijakan bagasi berbayar. Hal ini menimbulkan berbagai reaksi atau tanggapan konsumen, misalnya adanya perasaan kekecewaan bahkan ada konsumen yang memilih untuk beralih menggunakan maskapai lain. Penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian terkait fenomena tersebut dengan tujuan untuk mengetahui tanggapan konsumen Lion Air terkait kenaikan harga yang disebabkan berlakunya kebijakan bagasi berbayar dalam mempengaruhi minat beli mereka atau tidak. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada pelanggan Lion Air sebagai cara dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kenaikan harga yang disebabkan kebijakan bagasi berbayar mempengaruhi minat beli konsumen Lion Air dan juga mayoritas konsumen memilih untuk beralih menggunakan maskapai lain yang menyediakan free bagasi. Selanjutnya, hasil dari analisis yang dilakukan dapat dijadikan luaran untuk menjadi masukan bagi pihak maskapai Lion Air sehingga bisa mendapatkan kembali pelanggan yang telah beralih dan mempertahankan konsumen yang ada. Kata Kunci: Maskapai Lion Air, Kebijakan Bagasi Tidak Berbayar, Kenaikkan Harga, Minat Beli.

Deskripsi Alternatif :

In Indonesia there are so many airlines that provide domestic and international flight services. One of the airlines that is quite attractive to the people of Indonesia is Lion Air. In accordance with its slogan, "We Make People Fly", Lion Air provides a Low Cost Carrier to its customers. This has become the image or image of Lion Air in the minds of consumers. At the beginning of 2019, the airline Lion Air imposed a paid baggage policy. This raises various reactions or consumer responses, for example there is a feeling of disappointment and even consumers who choose to switch to using other airlines. The author feels interested in conducting research related to this phenomenon with the aim of knowing the response of Lion Air consumers regarding price increases due to the enactment of paid baggage policies in influencing their buying interest or not. The research method that I use is a qualitative method by conducting in-depth interviews with Lion Air customers as a way to collect data. The results of this study indicate that the price increase caused by the policy of paid baggage affects the buying interest of Lion Air consumers and also the majority of consumers choose to switch to using other airlines that provide free luggage. Furthermore, the results of the analysis carried out can be used as an output to be input for the Lion Air airline so that it can regain customers who have switched and retained existing customers. Keywords: Lion Air Airlines, Paid Baggage Policy, Increase Prices, Customer Buying Interest.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Lina Setiawati, S.MB., M.AB., Editor: Erlin Arvelina

Download...