Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2018
Analisis Persepsi Kemudahan Dan Kegunaan Sistem Pembayaran BRI Virtual Account (BRIVA) Bagi Pelanggan Di Perum Jasa Tirta II
Analysis of Customer's Perceived Ease of Use and Usefulness of BRI Virtual Account (BRIVA) Payment System at Perum Jasa Tirta II
Tugas Akhir, 020 / 2018 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-11-27 12:19:46
Oleh : Parida Andriani - 155211021 (paridaaab@gmail.com)
Dibuat : 2018-11-27, dengan 4 file
Keyword : pembayaran virtual, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, sistem informasi
Subjek : virtual payment, perceived usefulness, perceived ease of use, information system
Perum Jasa Tirta II yang selanjutnya disingkat PJT II merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbentuk perusahaan umum. PJT II mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam pengusahaan sumber daya air wilayah sungai dan pengelolaan sumber daya air di wilayah kerja PJT II. Pada Oktober 2016, PJT II menerapkan sistem pembayaran BRI Virtual Account (BRIVA) dengan tujuan untuk memudahkan pelanggan ketika proses transaksi dilakukan. Namun pada kenyataannya, BRIVA belum dapat dilaksanakan secara maksimal karena masih banyak pelanggan yang belum memanfaatkan sistem tersebut. Oleh karena itu, untuk mengetahui sejauh mana penerimaan pelanggan terhadap sistem pembayaran menggunakan BRIVA dilakukan analisis dengan dimensi persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use) dan persepsi kegunaan (perceived usefulness) berdasarkan model penerimaan teknologi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penerapan sistem pembayaran BRIVA sudah baik, di mana pelanggan merasa sistem tersebut mudah digunakan dan berguna untuk proses penyelesaian pembayaran. Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki seperti efektivitas dan produktivitas yang ditimbulkan pada penggunaan sistem, sistem disesuaikan dengan kebutuhan dan harapan seluruh pelanggan, sistem disesuaikan dengan fungsinya yaitu untuk memudahkan pembayaran pelanggan, serta melakukan evaluasi penggunaan sistem secara berkala untuk mengetahui perkembangan penggunaan sistem oleh pelanggan. Kata Kunci: pembayaran virtual, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, sistem informasi.
Deskripsi Alternatif :Perum Jasa Tirta II, then shortened to PJT II is a State-Owned Enterprises (BUMN) in the form of public companies. PJT II has duties and responsibilities in the business of river water resources and management of water resources in the PJT II working area. In October 2016, PJT II implemented a BRI Virtual Account (BRIVA) payment system in order to facilitate customers when the transaction process was conducted. But in reality, BRIVA can not be implemented maximally because there are still many customers who have not utilized the system. Therefore, to know the extent to which customer acceptance of payment system using BRIVA is done by analysis with perceived ease of use and perceived usefulness dimensions based on technological acceptance model. The results of this study indicate that the implementation of BRIVA payment system is good, where customers feel the system is easy to use and useful for payment settlement process. However, there are some things to be improved such as the effectiveness and productivity incurred on the use of the system, the system is tailored to the needs and expectations of all customers, the system adapted to its function is to facilitate customer payments, as well as to periodically evaluate the use of the system to determine the development of system usage by customer. Keywords: virtual payment, perceived usefulness, perceived ease of use, information system.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Dra. Maya Setiawardani, M.Pd.
Pembimbing 2: Ira Siti Sarah, S.ST., MBA., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 155211021.pdf
(857220 bytes)
File : BAB 1 - 155211021.pdf
(291622 bytes)
File : BAB 2 - 155211021.pdf
(445564 bytes)
File : BAB 5 - 155211021.pdf
(170786 bytes)