Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2018

Analisis Persepsi Kualitas Destinasi Wisata dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Domestik Di Kota Bandung

Analysis of Perception of The Tourism Destination Quality and Effect on Satisfaction and Loyalty of Domestic Tourists In Bandung City

Tugas Akhir, 057 / 2018 / MPE
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2019-02-25 11:24:51
Oleh : Peri Maulana - 155231059 (perimaulana247@gmail.com)
Dibuat : 2019-02-25, dengan 4 file

Keyword : Jasa, Pariwisata, Kualitas Destinasi Wisata, Kepuasan, Loyalitas
Subjek : Service, Tourism, Tourism Destination Quality, Satisfaction, Loyalty

Industri pariwisata di Kota Bandung mengalami penurunan kunjungan wisatawan yang signifikan pada tahun 2016. Banyak faktor yang mempengaruhi intensitas wisatawan dalam berkunjung ke tempat wisata, salah satunya ialah kualitas destinasi wisata yang baik. Upaya meningkatkan kualitas destinasi akan meningkatan juga kepuasan wisatawan dan pada akhirnya kepuasan akan menciptakan loyalitas atau kesetiaan wisatawan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kualitas destinasi wisata Kota Bandung terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan domestik dalam rangka mendukung perkembangan sektor pariwisata di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggunakan survey kuisioner dengan tujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap kualitas destinasi wisata di Kota Bandung. Untuk mencapai tujuan penelitian, akan dibutuhkan kuisioner sebanyak 200 responden dengan kisaran 300 sampai 500 sampel, yaitu wisatawan domestik yang berkunjung ke Kota Bandung. Data akan dikumpulkan dengan teknik convenience sampling, yaitu mengambil responden yang mudah diakses. Selanjutnya, setelah data terkumpul akan dilakukan analisis, yang meliputi: Uji validitas dan reliabilitas; Analisis statistik deskriptif; Uji korelasi bivariat; Uji regresi; Uji ANOVA; Uji Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Attraction, Amenities dan Activities memiliki persepsi yang baik terhadap wisatawan; Kualitas destinasi wisata berpengaruh siginifikan terhadap kepuasan wisatawan; Kualitas destinasi wisata berpengaruh siginifikan terhadap loyalitas wisatawan; Kepuasan wisatawan berpengaruh siginifikan terhadap loyalitas wisatawan; Berdasarkan karakteristik demografi pendidikan, pekerjaan dan asal kota wisatawan menunjukan adanya perbedaan persepsi wisatawan terhadap kualitas destinasi wisata. Luaran dari penelitian ini adalah pengembangan promosi wisata Kota Bandung berdasarkan persepsi Tourism Destination Quality wisatawan yang diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengelola wisata. Kata Kunci: Jasa, Pariwisata, Kualitas Destinasi Wisata, Kepuasan, Loyalitas.

Deskripsi Alternatif :

Tourism industry in Bandung city has a decreased significant in tourist arrivals in 2016. Many factors affect the intensity of tourists in visiting the tourist destination, one of which is the tourism destination quality. Efforts to improve the quality of destinations will also increase the satisfaction of tourists and ultimately satisfaction will create tourist loyalty. The aim of this study is to measure the influence of the tourism destination quality to the satisfaction and loyalty of domestic tourists in order to support the development of tourism sector in Bandung city. This research uses quantitative approach, that is research conducted by using questionnaire survey with the aim to know the perception of tourists to the tourism destination quality in Bandung city. To gain the research objectives, will be needed questionnaire as many as 200 respondents with a range of 300 to 500 samples, namely domestic tourists who visit to Bandung City. The data will be collected by convenience sampling technique, which is to take the respondent easily accessible. Furthermore, after the data collected will be analyzed, which includes: The validity and reliability test; Descriptive statistical analysis; Bivariate correlation test; Regression test; ANOVA Test; Independent Sample t-Test. The results showed that: Attraction, Amenities and Activities have a good perception of tourists; The tourism destination quality have a significant effect on the tourists satisfaction; The tourism destination quality have a significant effect on the tourists loyalty; The tourists satisfaction has a significant effect on the tourist loyalty; Based on the demographic characteristics of education, employment and the origin of the tourists shows the difference of tourist perception on the tourism destination quality. The outcome of this research is the development of Bandung tourism promotion based on Tourism Destination Quality tourist perception which is expected to be the consideration for the government or private sector. Keywords: Service, Tourism, Tourism Destination Quality, Satisfaction, Loyalty.

Beri Komentar ?#(1) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Lusianus Kusdibyo, MBA., Editor: Erlin Arvelina

Download...