Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Teknik Elektro > Program Studi Teknik Elektronika > 2021
Adaptive Cruise Control Berbasis Sensor Fusion Menggunakan Lidar
Adaptive Cruise Control Based Sensor Fusion Used Lidar
Skripsi, 021 / 2021 / EKUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-12-06 11:01:20
Oleh : Putra Mahardika - 171354023 (pmahardika99@gmail.com)
Dibuat : 2022-12-06, dengan 4 file
Keyword : Adaptive Cruis Control, Sensor Fusion, Lidar, Fuzzy Logic
Subjek : Adaptive Cruis Control, Sensor Fusion, Lidar, Fuzzy Logic
Jalan tol saat ini merupakan jalur alternatif untuk mempersingkat perjalanan dan waktu berkendara. Jalan tol juga memberikan kenyamanan bagi pengemudi yang ingin melakukan perjalanan terutama untuk perjalanan jauh. Kenyamanan dalam berkendara dijalan tol tersebut terkadang sering terganggu dikarenakan pengemudi harus menyesuaikan kecepatan mobil dengan aturan batas kecepatan berkendara yang telah ditetapkan oleh Kementrian Perhubungan yaitu minimal 60 km/jam dan maksimal 80 km/jam untuk jalan antar kota. Alasan utama untuk menyesuaikan kecepatan terus menerus adalah agar dapat menjaga jarak aman antar kendaraan. Oleh sebab itu dibutuhkan sistem yang dapat menyesuaikan kecepatan pada kendaraan dengan kendaraan di depannya secara otomatis atau yang sering disebut Adaptive Cruise Control. Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat alat untuk mengatur kecepatan dan menjaga jarak kendaraan dengan kendaraan di depannya. Metode pengendalian yang digunakan adalah metode Sensor Fusion, yaitu penggabungan dua jenis sensor berbeda untuk mendapatkan data jarak aman berkendara. Dalam penelitian ini teknologi Sensor Fusion yang digunakan terdiri dari 2 tipe sensor, yaitu Sensor Ultrasonik dan Lidar. Pada Tugas Akhir ini dilakukan perancangan dan perealisasian Adaptive Cruise Control dengan metode Sensor Fusion menggunakan Lidar yang diaplikasikan pada Mikrokontroler. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan pada Adaptive Cruise Control adalah Fuzzy Logic. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem LKAS mampu menjaga mobil pada jalurnya dengan SV 47%, sistem Fuzzy Logic Adaptive Cruise Control mempertahankan jarak aman berkendara pada jarak 100 cm dan kecepatan 150 PWM.
Deskripsi Alternatif :Toll roads are currently an alternative route to shorten the travel and driving time. Toll roads also provide convenience for drivers who want to travel, especially for long trips. Comfort in drive on the toll road is sometimes disturbed because the driver has to adjust the speed of the car appropriate with the driving speed limit rules set by the Ministry of Transportation, which is a minimum of 60 km/hour and a maximum of 80 km/hour for inter-city roads. The main reason for adjusting the speed continuously is to maintain a safe distance between vehicles. Therefore we need a system that can adjust the speed of the vehicle with the vehicle in front of it automatically or which is often called Adaptive Cruise Control. This final project aims to make a system to adjust the speed and maintain the distance between the vehicle and the vehicle in front of it. The control method used is the Sensor Fusion method, which is a combination of two different types of sensors to obtain data on the safe driving distance. In this study the Fusion Sensor technology used consists of 2 types of sensors, namely Ultrasonic and Lidar Sensors. In this final project, the design and realization of Adaptive Cruise Control is carried out with the Sensor Fusion method using Lidar which is applied to the Microcontroller. Fuzzy control is one of the method that can be used to make decisions on Adaptive Cruise Control. The results of this study showed that the LKAS system is able to keep the car on track with 47% SV, the Fuzzy Logic Adaptive Cruise Control system maintains a safe driving distance at a distance of 100 cm and a speed of 150 PWM.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing 1: Dr. Ir. Noor Cholis Basjaruddin, M.T.
Pembimbing 2: Ir. Edi Rakhman, M.Eng., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN SKRIPSI - 171354023.pdf
(951885 bytes)
File : BAB 1 - 171354023.pdf
(580402 bytes)
File : BAB 2 - 171354023.pdf
(799812 bytes)
File : BAB 5 - 171354023.pdf
(450174 bytes)