Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021

Analisis Keputusan Pembelian Produk Album Butter (Studi Kasus Konsumen di Toko Online Kpoptroops Jakarta)

Analysis Of Purchasing Decision the Butter Album Product (Case Study of Consumers at Kpoptroops Jakarta Online Shop)

Tugas Akhir, 049 / 2021 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-04-26 12:40:51
Oleh : Putri Melania Nur Rahmawati - 185211054 (putri.melania.abs18@polban.ac.id)
Dibuat : 2023-04-26, dengan 4 file

Keyword : Album Butter, Keputusan Pembelian, Kpoptroops
Subjek : Butter Album, Purchasing Decision, Kpoptroops

Memasuki era digital, musik dapat di akses secara lebih mudah dan praktis. Hal tersebut membawa dampak baik masuknya budaya Hallyu khususnya K-pop ke Indonesia. Bukan hanya musik digital yang semakin digemari masyarakat, penjualan album secara fisik juga naik secara signifikan. Berdasarkan Chart Hanteo kategori "Best Selling Album in July 2021" karya terbaru BTS dalam Album "Butter" menduduki peringkat satu dengan penjualan mencapai 2.175.661 kopi. Kpoptroops merupakan salah satu toko online atau lebih akrab disebut online shop yang menawarkan produk album "Butter" asal Jakarta yang sudah berdiri sejak 2017. Setiap konsumen tentunya memiliki alasan tersendiri atas keputusan pembeliannya terhadap suatu barang atau jasa. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator apa saja yang menjadi faktor keputusan pembelian konsumen Album Butter di toko online Kpoptroops Jakarta dan untuk mengetahui dimensi tertinggi dan terendah dari variabel keputusan pembelian. Metode penelitian pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dibuat dengan google form. Keputusan pembelian konsumen produk album "Butter" di Toko Online Kpoptroops Jakarta ditentukan dengan enam indikator keputusan pembelian menurut Kotler & Keller yaitu pemilihan produk, pemilihan merek, pemilihan saluran pembelian, penentuan jumlah pembelian, penentuan waktu pembelian, pemilihan metode pembayaran. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa seluruh dimensi dalam penelitian ini menghasilkan nilai rata-rata yang termasuk kategori sangat tinggi. Dalam penelitian ini dimensi metode pembayaran menjadi faktor tertinggi pada keputusan pembelian produk album "Butter". Sementara dimensi saluran pembelian menjadi faktor terendah pada keputusan pembelian produk album “Butter”. Kata kunci: Album Butter, Keputusan Pembelian, Kpoptroops.

Deskripsi Alternatif :

Entering the digital era, music can be accessed more easily and practically. This has had a positive impact on the entry of Hallyu culture, especially K-pop to Indonesia. Not only digital music that is increasingly popular with the public, physical album sales have also increased significantly. Based on the Hanteo Chart for the "Best Selling Album in July 2021" category, BTS latest work in the Album "Butter" was ranked number one with sales 2,175,661 copies. Kpoptroops is an online shop or more familiarly called an online shop that offers the album "Butter" product from Jakarta which has been established since 2017. Every consumer certainly has its own reasons for purchasing decisions of an item or service. So the purpose of this research is to to find out what indicators are factors in consumer purchasing decisions for Album Butter at the online shop Kpoptroops Jakarta and to determine the highest and lowest dimensions of the consumer purchasing decision variables of Album Butter at the Kpoptroops online shop. The research method used in this research is descriptive quantitative. The sampling technique used is purposive sampling with a total sample of 100 respondents. The data collection method uses a questionnaire made with google form. Consumer purchasing decisions for the "Butter" album product at the Kpoptroops Jakarta Online Shop are determined by the Kotler & Keller which states that purchasing decision indicators are product selection, brand selection, distributor option, purchase amount, purchase time, payment method. The results of the research analysis show that the dimension of the payment method is the highest factor in purchasing decisions for the "Butter" album product. Meanwhile, the distributor option dimension is the lowest factor in the purchase decision for the "Butter" album product. Keyword: Butter Album, Purchasing Decision, Kpoptroops.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Sri Surjani Tjahjawati, M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...