Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020
Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Minat Beli (Studi pada Konsumen Oronamin C di Kota Bandung)
The Impact of Brand Equity on Purchase Intention (Study to Consumer of Oronamin C at Bandung City)
015 / 2020 / BAUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-07-20 09:52:04
Oleh : Qonita Nurul Firdaus - 165254023 (qonitanurfi@gmail.com)
Dibuat : 2022-07-20, dengan 1 file
Keyword : asosiasi merek, ekuitas merek, kesadaran merek, loyalitas merek, minat beli, persepsi kualitas
Subjek : brand association, brand awareness, brand equity, brand loyalty, perceived quality. purchase intention
Laju perekonomian di Indonesia semakin berkembang diatandai dengan semakin meningkatnya sektor manufaktur, terutama dalam industri minuman ringan. Bersamaan dengan hal tersebut, kesehatan menjadi perhatian banyak orang, maka dari itu pangan fungsional yang dapat memelihara kesehatan atau mencegah dan menyembuhkan penyakit menjadi salah satu solusinya. Oronamin C adalah salah satu produk minuman fungsional mengandung multivitamin yang diproduksi oleh PT Amerta Indah Otsuka. Oronamin C merupakan merek yang baru di pasaran sehingga kekuatan merek tersebut masih belum terlalu terlihat, dan belum pernah masuk pada peringkat Top Brand Award Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek produk Oronamin C terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini menggunakan metode non probabilty sampling dengan cara pengambilan sampel memakai purposive sampling kepada 150 responden konsumen yang pernah mengkonsumsi Oronamin C. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, observasi, serta wawancara tidak terstuktur. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, statistik deskriptif, korelasi, regresi berganda, dan uji hipotesis. Dimensi yang digunakan adalah dimensi kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalist merek, sedangkan untuk indikator minat beli adalah minat eksploratif, minat referensial, minat transaksional, dan minat preferensial. Hasil penelitian menujukkan bahwa ekuitas merek Oronamin C di Kota Bandung termasuk dalam kategori baik dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli sebesar 65.5%. Minat beli Oronamin C juga berada dalam kategori tinggi di Kota Bandung. Dimensi dari ekuitas merek yaitu kesadaran termasuk dalam kategori cukup dengan memiliki pegaruh tidak signifikan terhadap minat beli, dimensi persepsi kualitas termasuk dalam kategori baik dan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli, dimensi asosiasi merek termasuk ke dalam kategori baik dan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli, dan yang terakhir dimensi loyalitas merek termasuk dalam kategori cukup dengan adanya pengaruh signifikan terhadap minat beli.
Deskripsi Alternatif :The pace of economic development in Indonesia is increasingly develop, indicated by the increase of manufacturing sectors, especially in the soft drink industry. Along with this, health is a concern of many people, therefore functional food and drinks that can maintain health, prevent disease and cure disease are one of the solutions. Oronamin C is a functional beverage product containing a multivitamin produced by PT Amerta Indah Otsuka. Oronamin C is a new brand on the market so that the brand's strength is still not very visible, and has never been ranked in the Top Brand Award Indonesia. This study prupse is to determine the effect of brand equity of Oronamin C on consumer purchase interest. This study used a descriptive method with a quantitative approach. The sample in this study used non-probabilty sampling method by using purposive sampling method to 150 consumer respondents who had consumed Oronamin C. Data collection was conducted by distributing questionnaires and unstructured interviews. The data analysis method used are classical assumption test, descriptive statistics, correlation, multiple regression, and hypothesis testing. The dimensions used are the dimensions of brand awareness, brand association, perceived quality, and brand loyalty, while the dimensions of purchase intention are exploratory interest, referential interest, transactional interest, and preferential interest. The results showed that brand equity of Oronamin C in Bandung was in the good category and had a significant effect on purchase intention by 65.5%. Purchase intention in Oronamin C is also in a high category in Bandung. One of the dimension of brand equity which is brand awareness is in the moderate category by having an insignificant effect on purchase intention, the dimension of perceived quality is in the good category and has a significant effect on purchase intention, the dimension of brand association is in the good category and has a significant effect on purchase intention, and the last dimension of brand loyalty is in the moderate category with a significant influence on purchase intention.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dra. Tintin Suhaeni, S.Sos., M.Si., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN SKRIPSI - 165254023.pdf
(1203817 bytes)