Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Menstilo Barbershop Garut

The Impact of Service Quality on Customer Satisfaction in Menstilo Barbershop Garut

016 / 2020 / BA
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-07-20 09:54:42
Oleh : Rafael Aldy Bintang Samosir - 165254024 (rafaelaldyb@gmail.com)
Dibuat : 2022-07-20, dengan 1 file

Keyword : kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, barbershop
Subjek : service quality, customer satisfaction, barbershop

Menjaga penampilan agar tetap terlihat menarik dipandang merupakan hal yang penting bagi seseorang, karena hal tersebut dapat dikategorikan sebagai citra diri yang juga berperan dalam penilaian orang lain. Menjaga penampilan bukan untuk wanita saja tetapi para pria tentunya harus menjaga penampilan agar terlihat rapi dan juga menarik. Mempertahankan penampilan agar terlihat menarik sudah menjadi kebutuhan para pria dalam kehidupan sehari-hari terutama dari potongan rambut. Untuk mendapatkan potongan rambut yang diinginkan, para pria menggunakan jasa dari barbershop karena memiliki fasilitas dan pelayanan yang lebih modern seperti jasa cuci rambut, mengecat rambut, pijit, hingga cukur kumis dan jenggot. Salah satu barbershop yang ada di Garut yaitu Menstilo Barbershop. Seiring dengan berkembangnya jasa potong rambut, banyak sekali barbershop yang bermunculan. Beberapa masalah yang ada pada Menstilo Barbershop yaitu tempat parkir yang kurang luas, hasil potongan rambut kurang memuaskan, ruangan panas, kemampuan kapster kurang kompeten, harga yang mahal dibanding yang lain, dan proses cukur lama. Permasalahan tersebut dapat menjadi fenomena yang berkaitan dengan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Dengan adanya permasalahan tersebut, hal itu dapat dikaitkan dengan kualitas pelayanan yang dapat mempengaruhi kepuasan para pelanggan di Menstilo. Saran bagi Menstilo Barbershop harus meningkatkan kualitas mereka terutama pada kualitas pelayanan dengan cara meningkatkan kemampuan karyawan, memahami para pelanggan dan membuat ruangan Menstilo menjadi lebih sejuk dengan memasang air conditioner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Kuesioner penelitian diuji kepada 117 responden pelanggan Menstilo. Hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan memiliki pengaruh sebesar 82,8%.

Deskripsi Alternatif :

Maintaining appearance in order to look attractive is seen as an important thing for a person, because this can be categorized as a self-image which also plays a role in other people's judgments. Maintaining appearance is not only for women but also men have to maintain their appearance to make it look neat and attractive. Maintaining the appearance to look attractive has become a necessity for men in everyday life, especially from haircuts. To get the desired haircut, men use the services of a barbershop because it has more modern facilities and services, such as hair washing services, hair dyeing, massage, mustache and beard shaving. One of the barbershops in Garut is Menstilo Barbershop. Along with the development of haircut services, many barbershops have sprung up. Some of the problems that exist at Menstilo Barbershop are the parking area that is not wide enough, the results of the haircut are unsatisfying, the room is hot, the ability of the barber is less competent, the price is expensive compared to others, and the shaving process takes a long time. These problems can be a phenomenon related to service quality and customer satisfaction. With these problems, it can be related to the quality of service which can affect customer satisfaction in Menstilo. Suggestion for Menstilo Barbershop is to improve their quality, especially in the quality of service by improving the ability of employees, understanding customers and making Menstilo room cooler by installing air conditioner. The purpose of this research is to find out whether there is an impact of service quality on consumer satisfaction. This research uses descriptive quantitative method. The research questionnaire was tested on 117 respondents of Menstilo customers. The results of this study prove that there is an effect of service quality on customer satisfaction and has an effect of 82.8%.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Ma’mun Sutisna, S.Sos., M.Pd., Editor: Erlin Arvelina

Download...