Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021

Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli di E-Commerce (Studi Pada Pembeli di Shopee)

The Effect of Consumer Trust on Purchase Intention in E-Commerce (Case of Buyers in Shopee)

Skripsi, 020 / 2021 / BA
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-05-12 15:35:05
Oleh : Rafi Razzaq Putra - 175254020 (rafi.razzaq.abs417@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-05-12, dengan 4 file

Keyword : e-commerce, kepercayaan konsumen, minat beli
Subjek : e-commerce, consumer trust, buying interest

Peningkatan teknologi informasi yang tidak terhindarkan didukung oleh kerangka kerja pendukung yang telah dilaksanakan oleh otoritas publik dan area swasta. Bersamaan dengan masuknya inovasi ke dalam segala persoalan sehari-hari, infiltrasi teknologi informasi saat ini telah membawa kemajuan pada bisnis elektronik atau bisnis online. Tentunya dimasa kini orang banyak memenuhi kebutuhannya melalui e-commerce. Salah satu e-commerce yang sangat terkenal di Indonesia yaitu Shopee. Banyak manfaat yang dirasakan melalui belanja online, namun tentunya ada masalah juga mengenai hal tersebut. Salah satunya mengenai kepercayaan konsumen. Kualitas pelayanan yang kurang baik, kualitas produk yang tidak baik, rating atau review yang kurang sesuai, serta keamanan pembayaran merupakan masalah yang dialami oleh konsumen di Shopee. Masalah-masalah tersebut dapat menjadi fenomena yang berkaitan dengan kepercayaan konsumen dan minat beli. Kepercayaan konsumen disini merujuk pada perasaan dan pengharapan dari konsumen terhadap kemampuan penjual untuk menyediakan transaksi yang aman serta konsistensi penjual agar terciptanya hubungan kepercayaan dan hubungan jangka panjang diantara keduanya, dalam hal ini Shopee belum menciptakan hubungan kepercayaan yang baik dengan konsumen. Hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi minat beli dari konsumen Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kepercayaan konsumen terhadap minat beli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Kuesioner diuji kepada 206 responden yang merupakan konsumen atau pembeli di Shopee. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh kepercayaan konsumen terhadap minat beli di Shopee, dengan nilai pengaruh sebesar 30%. Kata kunci: e-commerce, kepercayaan konsumen, minat beli.

Deskripsi Alternatif :

The inevitable improvement of information technology is supported by the supporting framework that has been implemented by the public authorities and the private sector. Along with the entry of innovation into all daily matters, the current infiltration of information technology has brought progress to electronic business or online business. Of course, nowadays many people fulfill their needs through e-commerce. One of the most famous e-commerce in Indonesia is Shopee. There are many benefits that are felt through online shopping, but of course there are also problems regarding this. One of them is about consumer trust. Poor service quality, poor product quality, inappropriate ratings or reviews, and payment security are problems experienced by consumers at Shopee. These problems can be a phenomenon related to consumer confidence and buying interest. Consumer trust here refers to the feelings and expectations of consumers towards the seller's ability to provide safe transactions and seller consistency in order to create a relationship of trust and long-term relationship between the two, in this case Shopee has not created a good trust relationship with consumers. This of course can affect the buying interest of Shopee consumers. This study aims to determine the effect of consumer trust on buying interest. The method used in this study is a quantitative descriptive approach. The questionnaire was tested on 206 respondents who are consumers or buyers at Shopee. The results of this study are the influence of consumer trust on buying interest at Shopee, with an influence value of 30%. Keywords: e-commerce, consumer trust, buying interest.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Tangguh Dwi Pramono, S.Kel., M.A., Editor: Erlin Arvelina

Download...