Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019
Analisis Customer Value Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur
Analysis of Customer Value in Grama Tirta Jatiluhur Tourism Object
Tugas Akhir, 017 / 2019 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-17 07:49:28
Oleh : Raiam Zafira Asgana Hally - 165211019 (raiamhally10@gmail.com)
Dibuat : 2020-02-17, dengan 4 file
Keyword : nilai pelanggan, nilai fungsional, nilai emosional, nilai social, nilai harga
Subjek : customer value, functional value, emotional value, social value, price value
Berdasarkan Laporan Kepuasan Pelanggan Perum Jasa Tirta II pada Semester II Tahun 2017 menjelaskan bahwa nilai indeks kepuasan pelanggan pada sektor pariwisata kurang dari rata-rata indeks kepuasan pelanggan Perum Jasa Tirta II. Hal ini diduga disebabkan oleh kurangnya nilai pelanggan yang diterima dari Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur. Nilai pelanggan adalah nilai manfaat yang dirasakan pelanggan beserta pengorbanannya. Penelitian ini memfokuskan pada empat dimensi nilai pelanggan yaitu nilai fungsional, nilai emosional, nilai sosial, dan nilai harga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan kuisioner yang dibentuk menjadi tujuh belas pernyataan positif yang menggambarkan tentang empat dimensi nilai pelanggan. Responden dari penelitian ini adalah 110 wisatawan lokal yang pernah berkunjung ke Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui persepsi wisatawan mengenai sejauh mana nilai pelanggan yang diterima dari Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa nilai pelanggan dari Grama Tirta Jatiluhur termasuk dalam kategori tinggi. Dimensi yang memiliki nilai paling tinggi adalah dimensi nilai emosional, yang artinya perasaan yang diterima oleh wisatawan sesuai dengan tujuan dan standarnya ketika berkunjung ke Grama Tirta Jatiluhur. Sedangkan dimensi dengan nilai terendah adalah dimensi nilai harga, yang artinya wisatawan menganggap bahwa manfaat yang diterima tidak sesuai dengan harga yang dikeluarkan. Kata kunci: nilai pelanggan, nilai fungsional, nilai emosional, nilai social, nilai harga.
Based on the Perum Jasa Tirta II's Customer Satisfaction Report in the 2nd Semester of 2017, explained that the customer satisfaction indeks value in tourism sector is under the average of Perum Jasa Tirta II's customer satisfaction indeks value. This is allegedly caused by a lack of customer value which received by tourist from Grama Tirta Jatiluhur Tourism Area. Customer value is the value of the benefits that customer fells along with their sacrifice. This research focuses on four dimensions of customer value, namely functional value, emotional value, social value, and price value. The research method which used in this research is descriptive quantitative method by using questionnaire which formed into seventeen positive statements that describe the four dimensions of customer value. Respondents from this research is 110 local tourists who had visited the Grama Tirta Jatiluhur Tourism Area. This research was conducted aimed to determine customer's perception about the extent of customer value which received from Grama Tirta Jatiluhur Tourism Area. The results of this research illustrate that the customer value of Grama Tirta Jatiluhur is included in the high category. The dimension that have the highest value is dimension of emotional value, which means that the feelings which received by tourists are in accordance with their goals and standards when visiting Grama Tirta Jatiluhur. While the dimension with the lowest value is dimension of price value, which means that tourists consider that the benefits which received are not in accordance with the prices spent. Keywords: customer value, functional value, emotional value, social value, price value.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Sri Raharso, S.Sos., M.Si., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 165211019.pdf
(1284187 bytes)
File : BAB 1 - 165211019.pdf
(274048 bytes)
File : BAB 2 - 165211019.pdf
(224052 bytes)
File : BAB 5 - 165211019.pdf
(169187 bytes)