Path: Top > Skripsi - D4 > Jurusan Teknik Sipil > Prodi Teknik Perancangan Jalan & Jembatan > 2012
PERANCANGAN PENINGKATAN RUAS JALANKETAPANG-PASIR PADI (KM PKP. 3+842 S/D KM PKP. 10+332) DI KOTA PANGKALPINANG PROVINSI KEP. BANGKA BELITUNG
THE IMPROVED ROAD DESIGN KETAPANG-PASIR PADI (KM PKP. 3 +842 S / D KM PKP. 10 +332) IN THE CITY OF PANGKALPINANG BANGKA BELITUNG ISLANDS PROVINCE
Tugas Akhir, 004 / 2012 / TPJJUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-09-03 15:05:49
Oleh : RAKHMATIKA - 101135009
Dibuat : 2012-07-17, dengan 4 file
Keyword : Peningkatan jalan. perkerasan lentur, lajur, drainase, rambu
Subjek : Improved road, flexible pavement, road strip, drainage, traffic signs
Ruas Jalan Ketapang-Pasir Padi merupakan jalan provinsi kolektor primer dan salah satu jalur strategis dimana ditetapkan sebagai kawasan indutri di Provinsi Kepulauan Babel yang menghubungkan jaringan jalan lingkar Pangkalpinang (khususnya Jalan Lingkar Arah Timur yaitu ruas Air Itam-Ketapang-Pasir Padi-Pangkal Balam) . Akibat kegiatan industri dan aktivitas lalu lintas lainnya disepanjang ruas jalan eksisting ini sudah mengalami penurunan kinerja pelayanan khususnya kerusakan pada perkerasannya. Hal ini dapat terlihat dari evaluasi yang telah dilakukan baik secara visual maupun struktural . Untuk dapat memberikan rasa nyaman dan aman bagi pengguna jalan, maka perlu dilakukan pelebaran jalan untuk meningkatkan kapasitas jalan. Kebutuhan jumlah dan lebar lajur dianalisis dengan berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. sedangkan Pedoman yang digunakan untuk lapis perkerasan adalah Pt T-01-2002-B; pedoman untuk saluran samping jalan adalah Pd T-02-2006-B; pedoman untuk marka dan rambu jalan menggunakan Pedoman Ditjen Bina Marga No. 01/P/BNKT/1991 dan Pd T-12-2001-B. Berdasarkan hasil analisis lajur yang harus disediakan adalah 2/2 UD (Un Devided) dengan lebar lajur ( 3,5 m + 2m ) x 2. Tebal perkerasan yang dibutuhkan untuk memikul repetisi beban rencana pada daerah Widening adalah 36 cm lapis pondasi bawah , 20 cm lapis pondasi atas, 9 cm tebal lapis antara (Asphalt Concrete Binder Course/AC-BC) dan 4 cm tebal lapis aus (Asphalt Concrete Wearing Course/AC-WC), sedangkan penambahan tebal perkerasan pada daerah perkerasan eksisting adalah 9 cm tebal lapis antara (AC-BC) dan 4 cm tebal lapis aus (AC-WC). Drainase yang digunakan berbentuk segi empat konstruksi pasangan batu kali dengan dimensi lebar (b) 1,0 m, tinggi (h) 0,60 m dan tinggi jagaan (W) 0,55 m. Biaya yang diperlukan untuk peningkatan ruas jalan adalah Rp. 30.317.309.000,-
Deskripsi Alternatif :Ketapang-Pasir Padi Road is the primary collector road and one of the strategic lines where is defined as an industry area at the Province of Bangka Belitung island that connects the ring road of Pangkalpinang network (especially the eastern ring road direction of Air ItamKetapang-Pasir Padi-Pangkalbalam Roads) . As a result of industrial and the other traffic activities at the existing road has decreased the service performance especially damage of the pavement. It can be seen from the evaluation was done both visually and structurally. In order to provide the comfort and safety for road users, it is necessary widening the road to improve the road capacity. The need for amount and width of the road strip be analyzed by referring to the Indonesia Road Capacity Manual 1997. The guidelines used for pavement layer is Pt T-01-2002-B; guidelines for drainage is Pd T-02-2006-B; guidelines for mark and traffic signs is Bina Marga Method No. 01/P/BNKT/1991 and Pd T-12-2001-B. Based on the analysis of the road strip should be provided is 2/2 UD (Un Devided) with lane width (3,5 m + 2m) x 2. The pavement thickness required to assume load plan on the widening repetition area is 36 cm of subbase course , 20 cm of base course, 9 cm of binder course (AC-BC) and 4 cm of wearing course (AC-WC), whereas the addition of a thick pavement on the existing pavement area is 9 cm of binder course (AC-BC) and 4 cm of wearing course (AC-WC). Drainage of the road which be used rectangular stone masonry construction with dimension is 1,0 m in width (b), 0,60 m in height (h) and 0,55 m in surveillance high (W). The cost required for this improvement of road structure is Rp.30.317.309.000,-
Beri Komentar ?#(1) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing POLBAN: Syahril, BSCE, MT.
Pembimbing Kementrian PU: Ir. Maman Supratman, M.Si. , Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : DAFTAR - 101135009.pdf
(626814 bytes)
File : BAB 1 - 101135009.pdf
(806002 bytes)
File : BAB 2 - 101135009.pdf
(880292 bytes)
File : BAB 6 - 101135009.pdf
(443831 bytes)