Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Manajemen Pemasaran > 2019
Persepsi Peluang Bisnis Menggunakan Media Sosial Di Kalangan Pemuda Kota Bandung
Perceptions of Business Opportunities Using Social Media in Youth Circles in Bandung City
Tugas Akhir, 024 / 2019 / MPEUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-02-18 10:42:30
Oleh : Revina - 165231024 (revina.mpem@polban.ac.id)
Dibuat : 2020-02-18, dengan 4 file
Keyword : Persepsi, peluang bisnis, media sosial, kalangan pemuda Kota Bandung
Subjek : Perception, business opportunities, social media, youth in Bandung
Penelitian ini dilakukan dilandasi oleh fenomena perkembangan media sosial yang marak bertumbuh khususnya di kalangan pemuda. Media sosial bukan hanya menjadi alat jejaring sosial untuk berkomunikasi namun sudah menjadi media bisnis pada zaman ini. Perilaku konsumen yang menyukai belanja online dengan alasan lebih mudah dan praktis bisa menjadi peluang bisnis bagi kalangan pemuda Kota Bandung. Bukan hanya alasan praktis, faktor-faktor lainnya menjadi peluang yang akan mempengaruhi keberlangsungan bisnis kelak. Untuk mengetahui persepsi peluang bisnis menggunakan media sosial di kalangan pemuda Kota Bandung dilakukanlah penelitian ini dengan membandingkan persepsi responden di kalangan pemuda diantaranya mempunyai latar belakang tingkat pendidikan yang berbeda yaitu SMA, SMK, dan mahasiswa. Laporan penelitian ini memakai analisis deskriptif dan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan uji t-test dan ANOVA. Data responden diambil dari kuesioner yang telah diisi melalui google form, disebarkan secara digital melalui chat. Persepsi diukur berdasarkan kegunaan, kepercayaan, dan kemudahan media sosial sebagai peluang bisnis. Jumlah responden yang menjawab sebesar 417 dengan latar belakang yang berbeda-beda yang dikelompokan menjadi beberapa demografi. Hasilnya adalah terdapat persepsi positif di kalangan pemuda terhadap peluang bisnis menggunakan media sosial serta memunculkan suatu perbedaan persepsi diantara responden yang memilki jenjang pendidikan berbeda-beda. Dimensi yang memiliki nilai paling rendah adalah persepsi privasi dan kemudahan menggunakan media sosial, responden cenderung setuju dengan dimensi tersebut, hal ini terjadi karena kebijakan kerahasiaan bisnis belum sangat disetujui responden. Persepsi yang berbeda ini berdasarkan cara berpikir dan pengetahuan yang dimiliki oleh responden khsusnya di jenjang perguruan tinggi. Kata Kunci: Persepsi, peluang bisnis, media sosial, kalangan pemuda Kota Bandung.
Deskripsi Alternatif :This research was conducted based on the phenomenon of the development of social media that is growing rapidly, especially among young people. Social media is not only a social networking tool to communicate but has become a media business in this era. The behavior of consumers who like shopping online for reasons is easier and practical can be a business opportunity for the youth of Bandung. Not only practical reasons, other factors become opportunities that will affect the sustainability of the business in the future. To find out the perceptions of business opportunities using social media among young people in Bandung, this study was carried out by comparing the perceptions of respondents among young people, among them having different educational background levels, namely high school, vocational school, and students. This research report uses descriptive analysis and quantitative approaches using t-test and ANOVA. Respondent data taken from questionnaires that have been filled through google form, distributed digitally through chat. Perception is measured based on usability, trust, and ease of social media as a business opportunity. The number of respondents who answered was 417 with different backgrounds grouped into several demographics. The result is that there is a positive perception among young people about business opportunities using social media and raises a difference in perception among respondents who have different levels of education. The dimensions that have the lowest value are perceptions of privacy and ease of using social media, respondents tend to agree with these dimensions, this occurs because the business confidentiality policy has not been strongly approved by respondents. This different perception is based on the way of thinking and knowledge possessed by the respondent especially in the tertiary level. Keywords: Perception, business opportunities, social media, youth in Bandung.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Drs. Deddy Saefulloh, MBA., Ph.D., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 165231024.pdf
(468733 bytes)
File : BAB 1 - 165231024.pdf
(453711 bytes)
File : BAB 2 - 165231024.pdf
(185314 bytes)
File : BAB 5 - 165231024.pdf
(171176 bytes)