Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2013

Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Motivasi Wisatawan untuk Berkunjung ke Wana Wisata Curug Cimahi

The Influence of Tourist Attraction on Tourist Motivation to Visit Wana Wisata Curug Cimahi

Tugas Akhir, 002 / 2013 / UPW
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-03-29 10:35:07
Oleh : Riana Dewi Setiowati - 105221027 (riana.dwiedeguchi@yahoo.com)
Dibuat : 2017-03-29, dengan 4 file

Keyword : daya tarik wisata, motivasi wisatawan, Wana Wisata Curug Cimahi
Subjek : tourist attraction, tourist motivations, Wana Wisata Curug Cimahi

Penelitian ini dilakukan di Wana Wisata Curug Cimahi, dengan judul "Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Motivasi Wisatawan untuk Berkunjung ke Wana Wisata Curug Cimahi". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh daya tarik wisata terhadap motivasi wisatawan untuk berkunjung ke Curug Cimahi. Di dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel daya tarik wisata dan variabel motivasi wisatawan. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, analisis deskriptif frekuensi, analisis kolerasi dan analisis regresi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang berisikan 5 pernyataan tertutup mengenai biodata responden, 18 pernyataan tertutup mengenai daya tarik wisata dan motivasi wisatawan. Kuesioner disebarkan kepada 100 responden, populasi dari penelitian ini adalah populasi wisatawan yang berkunjung ke Wana Wisata Curug Cimahi. Teknik sampling yang digunakan yaitu convenience sampling yang merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan saja. Penelitian ini dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu bulan Juni 2013 pada minggu pertama, kedua, dan ketiga. Hasil dari penelitian ini adalah dapat diketahui daya tarik wisata dan motivasi wisatawan yang berkunjung ke Wana Wisata Curug Cimahi dengan analisis deskriptif dan analisis frekuensi. Dapat diketahui dari profil responden yang paling banyak berkunjung adalah pria dengan kategori usia antara 18-23 tahun, berpendidikan SMA dan kebanyakan berasal dari daerah Bandung. Sedangkan mengenai analisis deskriptifnya, dapat diketahui bahwa mean dari variabel daya tarik wisata sebesar 3,80 yang mengindikasikan bahwa persepsi wisatawan mengenai daya tarik wisata yang berada di Wana Wisata Curug Cimahi sudah baik dan untuk penilaian variabel motivasi wisatawan dengan mean sebesar 3,85 yang mengindikasikan bahwa motivasi wisatawan yang berkunjung ke Wana Wisata Curug Cimahi sudah tinggi. Hasil dari analisis kolerasinya adalah terdapat hubungan yang terjalin kuat antara daya tarik wisata dengan motivasi wisatawan. Sedangkan hasil dari analisis regresinya adalah daya tarik wisata berpengaruh signifikan terhadap motivasi wisatawan yag berkunjung ke Wana Wisata Curug Cimahi. Kata kunci: daya tarik wisata, motivasi wisatawan, Wana Wisata Curug Cimahi.

Deskripsi Alternatif :

The research was conducted in Wana Wisata Curug Cimahi, with the title "The Influence of Tourist Attraction on Tourist Motivation to Visit Wana Wisata Curug Cimahi". The purpose of this research was to determine the influence on the tourist motivation of a tourist attraction to visit Wana Wisata Curug Cimahi. In this research there are two variables, tourist attraction variables and tourist motivation variable. The analytical method used is descriptive analysis method. The instrument used in this research is a questionnaire that contains 5 enclosed statement regarding biographical data of respondents, 18 closed statements about tourist attraction and tourist motivation. Questionnaire was distributed to 100 respondents, the population of this study is infinite population to visit Wana Wisata Curug Cimahi. Sampling technique used is convenience sampling is a sampling technique that is based on chance alone. The research was conducted on Saturday and Sunday in June 2013 in the first, second, and third week. The results of this research are known to be a tourist attraction and tourists motivation visiting the Wana Wisata Curug Cimahi with descriptive analysis and frequency analysis. Can be seen from the profile of respondents is the most visited category of men with ages between 18-23 years old, high school educated, and mostly from the Bandung area. While the descriptive analysis, it can be seen that the mean of the variable tourist attraction of 3.80 which indicates that the perception of tourists on a tourist attraction located in Wana Wisata Curug Cimahi was good and for the assessment of tourist motivation variable with mean of 3.85 which indicates that the motivation of tourists visiting the Wana Wisata Curug Cimahi already high. Results of the correlation analysis are there exists a strong relationship between tourist motivation with tourists attraction. While the results of the regression analysis is a significant tourist attraction to tourist motivation to visit Wana Wisata Curug Cimahi. Keywords: tourist attraction, tourist motivations, Wana Wisata Curug Cimahi.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Drs. Deddy Sobarna Sutaji, M.Si. , Editor: Erlin Arvelina

Download...