Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2014
Perancangan Standar Operasional Prosedur Bagi Pemandu Wisata Berdasarkan Konsep TERRA (Tangible, Empathy, Responsiveness, Reliability, Assurance) Di Wisata Kuda Dan Warung Liwet Pakuhaji
The Desgining Standard Operating Procedure For The Tour Guide Based On The Concept Of TERRA (Tangible, Empathy, Responsiveness, Reliability, Assurance) In Wisata Kuda Dan Warung Liwet Pakuhaji
Tugas Akhir, 005 / 2014 / UPWUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-05-03 15:30:13
Oleh : Ridha Faturohman Satriaji - 115221025 (Ridhafsatriaji@gmail.com)
Dibuat : 2018-05-03, dengan 4 file
Keyword : Pemandu Wisata, Kualitas Pelayanan, Standar Operasional Prosedur
Subjek : Tour Guide, Service Quality, Standard Operating Procedure
Proyek tugas akhir ini bertujuan untuk membuat rancangan standar operasional prosedur bagi pemandu wisata berdasarkan konsep TERRA.Proyek ini dirancang karena pihak Pakuhaji tidak memiliki SOP sebagai sebuah acuan operasional bagi pemandu wisata dalam melaksanakan tugasnya dan karena tugas utama seorang pemandu wisata adalah memberi pelayanan kepada wisatawan melalui kualitas pelayanan terbaik.Perancangan SOP pemandu wisata berdasarkan teori teori seperti kualitas pelayanan dari Parasuraman dan Barry untuk kualitas pelayanan, KBBI dan FEG untuk definisi pemandu wisata, Nuraida dan Tambunan sebagai acuan perancangan SOP.Perancangan SOP dimulai dari observasi, lalu identifikasi informasi, pengajuan judul dan topik, studi pustaka, perancangan dan pembuatan proyek, persetujan, pembuatan buku SOP dan sosialisasi.Kesimpulan dari proyek tugas akhir ini adalah bahwa SOP sangat diperlukan bagi pemandu wisata karena tugasnya yang berhubungan langsung dengan wisatawan membuat pemandu wisata harus bekerja seefektif mungkin dan mengacu pada kualitas pelayanan agar wisatawan merasa puas, maka dari itu SOP yang dibuat untuk pemandu wisata ini mengacu pada dimensi kualitas pelayanan pada perancangannya. Kata Kunci: Pemandu Wisata, Kualitas Pelayanan, Standar Operasional Prosedur.
Deskripsi Alternatif :This final project aims to create a draft standard operating procedures for tour guides based on the concept of TERRA. The project is designed because Pakuhaji not have SOP as an operational reference for a tour guide in carrying out their duties and because their main task is to give a services to tourists through quality service, it is making reference to the concept of TERRA. Designing SOP tour guide based from the theories such as quality of service from Parasuraman and Barry for quality of service, FEG and KBBI for tour guide definition, Tambunan and Nuraida for SOP reference design. Designing SOP starts from the observation, identification information, filing title and topic, library research, designing and manufacturing projects, approval, creation and dissemination SOP book. The conclusion of this final project is SOP are necessary for tour guide job as a tour guide in direct contact with travelers making a tour guide should work as effectively as possible and refer to the quality of service that travelers are satisfied, then from the SOP are made for the tour guide draws on dimensions of service quality in design. Keywords: Tour Guide, Service Quality, Standard Operating Procedure.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Tomy Andrianto, S.ST.Par., M.M.Par., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : DAFTAR - 115221025.pdf
(677987 bytes)
File : BAB 1 - 115221025.pdf
(262184 bytes)
File : BAB 2 - 115221025.pdf
(302331 bytes)
File : BAB 4 - 115221025.pdf
(227776 bytes)