Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2019

Pengaruh E-Trust Terhadap E-Loyalty (Studi Pada Konsumen Bukalapak)

The Effect of E-Trust on E-Loyalty (Study in Consumen Bukalapak)

Skripsi, 022 / 2019 / BA
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2020-01-03 11:10:43
Oleh : Ridwan Achdiat Kartono - 155254024 (ridwanachdiat661@gmail.com)
Dibuat : 2020-01-03, dengan 4 file

Keyword : e-trust, e-loyalty, marketplace, seller
Subjek : e-trust, e-loyalty, marketplace, seller

E-commerce menawarkan berbagai kemudahan dalam berbelanja, sehingga pembeli tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk pergi dan mengunjungi berbagai pusat perbelanjaan. Marketplace merupakan jenis e-commerce yang saat ini tengah berkembang pesat di Indonesia. Salah satu jenis marketplace yang sudah terkenal di Indonesia adalah Bukalapak. Namun, terlepas dari berbagai kemudahan dan keuntungan yang dirasakan, e-commerce lebih mengandung ketidakpastian dan risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan transaksi yang dilakukan secara konvensional. E-trust atau kepercayaan adalah dasar dari sebuah bisnis, di mana sebuah transaksi bisnis akan terjadi apabila terdapat kepercayaan di antara masing-masing pihak. Kepercayaan tersebut tidak muncul secara tiba-tiba, tetapi harus dibangun sejak awal agar dapat menimbulkan niat konsumen untuk mengunjungi website, yang dapat berarti ketertarikan konsumen kepada perusahaan yang dapat berpotensi untuk melakukan pembelian berulang atau dapat disebut e-loyalty. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepercayaan konsumen untuk berbelanja kepada seller Bukalapak, bagaimana loyalitas konsumen dalam berbelanja online pada seller Bukalapak dan bagaimana pengaruh e-trust terhadap e-loyalty pada seller di Bukalapak. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan SPSS 23. Analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas, reliabilitas, uji hipotesis, uji koefisien determinasi. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen Bukalapak yang pernah membeli barang pada seller di Bukalapak sebanyak 146 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepercayaan konsumen pada seller di Bukalapak sudah baik, namun loyalitas konsumen berada dalam kategori cukup, dengan demikian ada pengaruh positif yang signifikan antara e-trust dan e-loyalty. Kata kunci: e-trust, e-loyalty, marketplace, seller.

Deskripsi Alternatif :

E-commerce offers a variety of convenience in shopping, so that buyers no longer need to spend time going and visiting various shopping centers. Marketplace is a type of e-commerce that is currently developing rapidly in Indonesia. One type of marketplace that is already well-known in Indonesia is Bukalapak. However, in spite of various facilities and perceived benefits, e-commerce contains more uncertainty and risk than conventional transactions. E-trust or electronic trust is the basis of a business, where a business transaction will occur if there is trust between each party. This trust does not appear suddenly, but must be built from the beginning so that it can cause consumer intention to visit the website, which can mean consumer interest in companies that can potentially make repeat purchases or can be called e-loyalty. This research was conducted to find out how the level of consumer confidence in shopping to Bukalapak sellers, how customer loyalty in shopping online at Bukalapak sellers and how e-trust influences against e-loyalty to sellers at Bukalapak. The method used in the research is quantitative descriptive method using SPSS 23. Analysis of the data carried out is the test of validity, reliability, hypothesis testing, test coefficient of determination. Respondents in this study were Bukalapak consumers who had bought 146 items at the seller at Bukalapak. And the results of the study show that consumer trust in sellers at Bukalapak is good, but consumer loyalty is in a sufficient category, thus there is a significant positive influence between e-trust and e-loyalty. Keywords: e-trust, e-loyalty, marketplace, seller.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dra. Ii Halilah, S.Sos., M.Si., Editor: Erlin Arvelina

Download...