Path: Top > Skripsi - D4 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021
Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Nanostore (Studi Pada Konsumen di Kota Cimahi)
The Effect Of Prices On Nanostore Consumer Satisfaction (A Study On Consumers In Cimahi City)
Skripsi, 024 / 2021 / BAUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-05-12 15:55:00
Oleh : Rifa Luthfiyah Ardini - 175254024 (rifa.luthfiyah.abs417@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-05-12, dengan 4 file
Keyword : harga, kepuasan konsumen, nanostore
Subjek : price, customer satisfaction, nanostore
Bisnis ritel menjadi salah satu usaha yang menyumbangkan kontribusi terhadap produk domestik bruto Indonesia sebagai sektor perdagangan besar dan eceran. Nanostore merupakan salah satu bentuk usaha mikro dari ritel tradisional. Bentuk usaha ini banyak dijumpai di Indonesia yang jumlahnya ribuan bahkan pertumbuhan nanostore sejalan dengan jumlah penduduk di suatu daerah. Kota Cimahi merupakan kota padat penduduk dengan luas wilayah 40,376 m2 didiami 553.755 jiwa. Peningkatan jumlah penduduk dapat menjadi masalah jika tidak diimbangi penambahan lapangan pekerjaan. Nanostore dapat menjadi salah satu alternatif lapangan pekerjaan berdasarkan sektor informal. Namun pendapatan pelaku usaha nanostore dapat bervariasi dan dipengaruhi salah satu faktor yaitu perbedaan harga barang yang dijual di ritel modern sebagai kompetitor alami. Dalam mendapatkan laba, harga menjadi salah satu faktor penting bagi bisnis. Harga juga salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Apabila nanostore menawarkan harga yang rendah maka diharapkan meningkatkan kepuasan konsumen yang dalam jangka panjang dapat membentuk loyalitas konsumen. Tujuan penelitian ini mengetahui kondisi harga yang ditawarkan di nanostore Kota Cimahi serta mencari tahu bagaimana pengaruh dan seberapa besar peran harga terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif dengan sampel 410 dengan teknik purposive sampling. Diperoleh hasil melalui analisis deskriptif bahwa harga dan kepuasan konsumen berada pada kategori baik. Harga memiliki pengaruh positif dan siginifikan sebesar 58,2% terhadap kepuasan konsumen nanostore di Kota Cimahi. Kata kunci: harga, kepuasan konsumen, nanostore.
Deskripsi Alternatif :The retail business is one of the businesses that contributes to Indonesia's gross domestic product as a wholesale and retail trade sector. Nanostore is a form of micro-enterprise from traditional retail. This form of business is often found in Indonesia, where there are thousands and even the growth of nanostores is in line with the population in an area. Cimahi City is a densely populated city with an area of 40,376 m2 inhabited by 553,755 people. The increase in population can be a problem if it is not balanced with additional employment opportunities. Nanostores can be an alternative employment based on the informal sector. However, the income of nanostore business actors can vary and is influenced by one factor, namely the difference in the price of goods sold in modern retail as natural competitors. One of the important business factors in making a profit is price, it is also one of the factors that affect customer satisfaction. If the price offered by nanostores is low, it is expected to increase consumer satisfaction which in the long term can form consumer loyalty. The purpose of this study are to determine the price conditions offered at the Cimahi City nanostore and find out how the influence and how big the role of price on consumer satisfaction. The research method uses descriptive quantitative with a sample of 410 with purposive sampling technique. The results obtained through descriptive analysis that prices and consumer satisfaction are in the good category. Price has significant effect of 58.2% and positive on consumer satisfaction for nanostores in Cimahi City. Keywords: price, customer satisfaction, nanostore.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dr. Harmon, M.Si., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN SKRIPSI - 175254024.pdf
(1017082 bytes)
File : BAB 1 - 175254024.pdf
(455834 bytes)
File : BAB 2 - 175254024.pdf
(587492 bytes)
File : BAB 5 - 175254024.pdf
(319716 bytes)