Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2021
Analisis Kepuasan Pengunjung Terhadap Objek Wisata Rancaupas di Kabupaten Bandung
Visitor Satisfaction Analysis of Rancaupas Tourism Objects in Bandung Regency
Tugas Akhir, 052 / 2021 / ABSUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2023-04-26 12:50:18
Oleh : Rifki Muhammad Mufti - 185211057 (rifqi03mufti@gmail.com)
Dibuat : 2023-04-26, dengan 4 file
Keyword : Kepuasan pengunjung, Objek Wisata, Rancaupas
Subjek : visitor satisfaction, tourism object, Rancaupas
Objek Wisata merupakan suatu tempat yang memiliki suatu nilai tersendiri yang ada didalamnya yang akan selalu menciptakan daya tarik dan dikunjungi oleh berbagai kalangan. Indonesia sebagai negara yang kaya memiliki potensi Pariwisata yang beragam dan juga sangat potensial. Objek wisata dapat dikategorikan baik dan menciptakan daya tarik berbagai kalangan adalah objek wisata yang dapat memberikan kepuasan terhadap pengunjungnya. Penelitian ini dilakukan guna mencari tahu apakah objek wisata Rancaupas yang terletak di Kabupaten Bandung telah memberikan kepuasan terhadap pengunjungnya ataukah belum. Merujuk pernyataan Disparbud yang menyatakan bahwa meski dalam situasi Pandemi Disparbud Jabar bersikeras untuk menciptakan inovasi terhadap objek wisata yang ada di Jawa Barat agar sektor Pariwisata yang ada tidak lumpuh dan perekonomian masyarakat sekitar dapat terjaga. Dengan melihat hasil dari penelitian terdahulu dimana Kepuasan Konsumen berpengaruh siginfikan terhadap angka kunjungan ulang maka dari itu penelitian ini dilakukan, dengan populasi pengunjung atau masyarakat yang pernah mengunjungi objek wisata Rancaupas yang berada di Bandung Raya, dengan menggunkan sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini pengumpulan data nya menggunakan metode berupa survei dengan cara melakukan penyebaran kuisioner yang disebar secara online. Pengolahan data didalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil analisis, kepuasan pengunjung terhadap objek wisata Rancaupas ini berada pada tingkat penilaian yang "baik". Dimensi yang paling berperan dalam kepuasan pengunjung objek wisata Rancaupas yakni dimensi atraksi, sedangkan dimensi yang memerlukan perbaikan dan evaluasi yakni dimensi transportasi. Kata kunci: Kepuasan pengunjung, Objek Wisata, Rancaupas.
Deskripsi Alternatif :A tourist object is a place that has its own value in it which will always create attraction and be visited by various groups. Indonesia as a rich country has diverse and very potential tourism potential. Attractions that can be categorized as good and create the attraction of various groups are tourist objects that can provide satisfaction to their visitors. This research was conducted to find out whether the Rancaupas tourist attraction located in Bandung Regency has provided satisfaction to its visitors or not. Referring to the Disparbud statement which stated that even in the Pandemic situation, the West Java Disparbud insisted on creating innovations for tourism objects in West Java so that the existing tourism sector was not paralyzed and the economy of the surrounding community could be maintained. By looking at the results of previous studies where Consumer Satisfaction has a significant effect on the number of repeat visits, therefore this study was conducted, with a population of visitors or people who have visited Rancaupas tourism objects in Bandung Raya, using a sample of 100 respondents. This research collects data using a survey method by distributing questionnaires distributed online. Data processing in this study using the SPSS application. Based on the results of the analysis, visitor satisfaction with this Rancaupas tourist attraction is at a "good" rating level. The dimension that plays the most role in the satisfaction of visitors to the Rancaupas tourist object is the attraction dimension, while the dimension that requires improvement and evaluation is the transportation dimension. Keywords: visitor satisfaction, tourism object, Rancaupas.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Dr. Drs. Mukaram, S.E., M.Ed.M., Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : KELENGKAPAN TA - 185211057.pdf
(1126584 bytes)
File : BAB 1 - 185211057.pdf
(667126 bytes)
File : BAB 2 - 185211057.pdf
(728726 bytes)
File : BAB 5 - 185211057.pdf
(277104 bytes)