Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2013

Peningkatan Produk Wisata dalam Mencapai Kepuasan Pengunjung di Pakuhaji

Developing Tourism Product to Increase Visitor's Satisfaction in Pakuhaji

Tugas Akhir, 014 / 2013 / UPW
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-03-29 11:38:06
Oleh : Rini Anisa Nurlillah - 105221029 (rinianisaa@gmail.com)
Dibuat : 2017-03-29, dengan 4 file

Keyword : produk wisata, kepuasan pengunjung, Pakuhaji
Subjek : tourism products, visitor's satisfaction, Pakuhaji

Kabupaten Bandung Barat memiliki potensi alam yang mendukung untuk dikembangkannya berbagai macam daya tarik wisata. Semakin bertambahnya daya tarik wisata maka daya saingnya pun akan semakin tinggi. Daya tarik wisata yang tidak memiliki produk wisata berdaya saing akan mengalami penurunan jumlah pengunjung. Selain karena faktor pesaing, hal ini dipengaruhi pula oleh pengunjung yang tidak puas akan produk wisata yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh produk wisata terhadap kepuasan pengunjung di Pakuhaji. Dua variabel dalam penelitian ini, yaitu produk wisata dan kepuasan pengunjung. Sampel yang diambil sebanyak 125 responden yaitu wisatawan yang sudah dan sedang berkunjung ke Pakuhaji. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik non-probablity sampling dengan pendekatan judgement sampling. Sehingga tidak semua anggota populasi dapat dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa antara variabel produk wisata terhadap kepuasan pengunjung memilki pengaruh yang positif dan signifikan. Artinya jika produk wisata yang disediakan Pakuhaji dikembangkan maka kepuasan pengunjung akan meningkat. Oleh karena itu sebaiknya Pakuhaji mempertahankan komponen yang sudah baik dan mengembangkan komponen yang masih kurang (dalam hal atraksi, ameniti dan aksesibilitas). Kata kunci: produk wisata, kepuasan pengunjung, Pakuhaji.

Deskripsi Alternatif :

West Bandung Regency has the natural potential to support the development of a wide range of tourist attraction. The increasing tourist attraction then competitiveness will be increasingly high. Tourist attraction that does not have a competitive tourism products will decrease the number of visitors. In addition because of the competitors, it is influenced also by visitors who are not satisfied with the quality of tourism products. This study aims to determine the level of influence of tourism products to visitor's satisfaction in Pakuhaji. The two variables in this study are the tourism product and visitor's satisfaction. Samples are taken of the 125 respondents tourists who have and are visiting Pakuhaji. The sampling technique used is non-probability sampling technique with judgment sampling approach. So that not all members of the population to be sampled. The results showed that the effect of tourism product variable on visitor's satisfaction is positive and significant. It means that if the product tourism which is provided by Pakuhaji is developed then visitor's satisfaction will increase. Therefore Pakuhaji has to maintain existing components and develop components that are still lacking (in terms of attractions, accessibility and amenities include). Keywords: tourism products, visitor's satisfaction, Pakuhaji.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Any Ariani Noor, S.Pd., M.Sc., Editor: Erlin Arvelina

Download...