Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Administrasi Bisnis > 2020

Analisis Minat Beli Konsumen pada E-Commerce selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) (Studi pada Konsumen Lazada di Kota Bandung)

Analysis of Consumer Purchase Intention of E-Commerce During Period of Large-Scale Social Restrictions (PSBB) (Study on Lazada Consumers in Bandung)

Tugas Akhir, 050 / 2020 / ABS
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-04-04 10:53:16
Oleh : Riska Gustiani - 175211054 (riska.gustiani.abs17@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-04-04, dengan 4 file

Keyword : purchase intention, e-commerce, large-scale social restrictions
Subjek : minat beli, e-commerce, pembatasan sosial berskala besar

Transaksi secara online atau lebih dikenal dengan sebutan e-commerce sudah tidak asing lagi saat ini bagi masyarakat. Dengan adanya pandemi Covid-19, diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan kegiatan manusia di luar rumah menjadi sangat terbatas. Oleh karena itu, masyarakat lebih memilih untuk melakukan belanja secara online. Lazada merupakan salah satu e-commerce yang digunakan oleh masyarakat saat ini. Pada tahun 2017, Lazada merupakan e-commerce yang memiliki pengunjung paling tinggi. Namun, pada tahun 2018 hingga kuartal-1 2020 Lazada mengalami penurunan pengunjung. Penurunan jumlah pengunjung ini kemungkinan terjadi karena keinginan masyarakat untuk berbelanja di Lazada menurun. Hasil pra-penelitian pun menunjukkan hanya 25% dari 40 orang responden yang melakukan pembelian di Lazada selama masa PSBB. Berdasarkan masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui minat beli konsumen Lazada di Kota Bandung selama masa PSBB. Minat beli diukur menggunakan empat indikator menurut Ferdinand (2006), yaitu minat transaksional, minat referensial, minat preferensial dan minat eksploratif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan melibatkan 106 orang responden yang merupakan konsumen Lazada di Kota Bandung yang pernah melakukan pembelian selama masa PSBB berdasarkan hasil perhitungan unknown population didukung oleh teori Fraenkel & Wallen (2012). Data primer didapatkan berdasarkan hasil pengisian kuesioner dan hasil observasi. Sedangkan, data sekunder didapatkan dari studi dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif yang menggunakan IBM SPSS 25, dapat diketahui bahwa minat beli konsumen Lazada di Kota Bandung selama masa PSBB ini termasuk ke dalam kategori baik. Hal tersebut dapat diartikan bahwa minat beli konsumen pada Lazada selama masa PSBB meningkat. Hasil statistik juga menunjukkan bahwa dimensi yang memiliki nilai mean paling tinggi adalah minat eksploratif, sedangkan yang paling rendah adalah dimensi minat preferensial.

Deskripsi Alternatif :

Online transactions or better known as e-commerce is now familiar to the public. Because of the Covid-19, the imposition of Large-Scale Social Restrictions (PSBB) makes human activities outside become very limited. Therefore, people prefer to shop online. Nowadays, Lazada is one of the e-commerce used by the people to shop online. In 2017, Lazada was the e-commerce with the highest visitors. However, from 2018 to Q1 2020 Lazada experienced a decrease in visitors. This decrease in the number of visitors probably occurred because the public's desire to shop at Lazada decreased. The pre-research results also showed that only 25% of the 40 respondents made purchases at Lazada during the PSBB period. Based on this problem, a study was conducted which aims to determine the purchase intention of Lazada consumers in Bandung during the PSBB period. The purchase intention is measured by four indicators according to Ferdinand (2006), namely transactional intention, referential intention, preferential intention and exploratory intention. The method used in this research is a descriptive method involving 106 respondents who are Lazada consumers in Bandung who have made purchases during the PSBB period based on the calculation of the unknown population supported by the theory of Fraenkel & Wallen (2012). Primary data were obtained based on the results of filling out the questionnaire and observation. While, secondary data were obtained from study of documentation. Based on the results of descriptive statistical analysis using the IBM SPSS 25, it can be seen that the level of consumer intention in Lazada in Bandung during this PSBB period is in the good category. This may imply that consumer purchase intention in Lazada during the PSBB period increased. The statistical results also show that the dimension that has the highest mean value is explorative intention, while the dimension with the lowest mean value is preferential intention.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing: Dr. Drs. Ma’mun Sutisna, S.Sos., M.Pd., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...