Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2016
Analisis Servicescape Di Museum Mandala Wangsit Siliwangi
The Analysis Of Servicescape At Museum Mandala Wangsit Siliwangi
Tugas Akhir , 005 / 2016 / UPWUndergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-08-02 11:10:48
Oleh : Risna Anggi Pratiwi - 135221028 (anggianggirisna@gmail.com )
Dibuat : 2017-08-02, dengan 4 file
Keyword : Servicescape, museum, ambient condition, space, layout, functionlity,sign, symbol and artefact
Subjek : Servicescape, museum, ambient condition, space, layout, functionlity, sign, symbol and artefact
Servicescape merupakan suatu tampilan lingkungan yang membentuk kesan pertama dari jasa yang dijual. Servicescape menjadi penting bagi perusahaan dalam membentuk kesan pertama tersebut, karena hal ini dapat mempengaruhi perilaku dan menarik reaksi konsumen. Tampilan servicescape di dalam museum kadang terabaikan sehingga menghasilkan tampilan yang kurang menarik bagi pengunjung. Tampilan servicesape museum yang kurang diperhatikan akan mengurangi nilai lebih dari pengunjung yang datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis kondisi servicescape di dalam museum Mandala Wangsit Siliwangi. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan 3 pengelola dan 12 pengunjung museum sebagai informan. Data dikumpulkan dengan mewawancarai informan mengenai dimensi servicescape yang dianalisis pada penelitian ini, yaitu dimensi ambient condition, dimensi space, layout dan functionality dan dimensi sign, symbols dan artefact. Data dianalisis dengan analisis tematik. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa dimensi ambient condition terutama indikator kualitas udara, cahaya dan aroma di dalam ruangan museum kurang memberikan rasa nyaman pada pengunjung. Pada dimensi space, layout dan functionality memberikan kesan yang cukup baik bagi pengunjung. Namun pada dimensi sign, symbols dan artefact terutama pada indikator simbol petunjuk arah dan dekorasi ruangan masih di rasa kurang menarik. Sehingga diperlukan masukan berupa upaya perbaikan kondisi fisik museum agar dapat memberikan kenyamanan dan meningkatkan semangat pengunjung yang datang. Kata Kunci: Servicescape, museum, ambient condition, space, layout, functionlity,sign, symbol and artefact.
Deskripsi Alternatif :Servicescape is display of the physical environment which formed the first impression from the sale of service. Servicescape be important for a company in formed the first impression, because this matter can affect the behavior and interested the reaction of consumer. The appearance of servicescape in the museum sometimes ignored, well the result of the apperaance is uninteresting for visitors. The appearance of servisecape in museum which less attention will decrease the value from the visitors. This study aimed to identify and analyze servicescape in Museum Mandala Wangsit Siliwangi. This descriptive qualitative study involved 3 staff and 12 visitors of museum as an intervieweess. Data collected by interview about dimensions of servicescape that analyzed in this research are are ambient condition, space, layout and functionality, and sign, symbols and artefact. Data analyzed by thematic analysis. Result showed that the ambient condition especially air quality, light and scent in the musuem is less comfort to visitors. On space, layout and functionality gave a good impression fot visitors. While on symbols and artefact especially symbol direction and decoration is uninteresting. So, there should be several effort to fixed physical evidence in museum, give a comfortable and increase the spirit of visitor. Keywords : Servicescape, museum, ambient condition, space, layout, functionlity, sign, symbol and artefact
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing : Drs.Santana Sanjaya, MMs, Editor: Erlin Arvelina
Download...
File : BAB 1 - 135221028.pdf
(345545 bytes)
File : BAB 2 - 135221028.pdf
(383585 bytes)
File : BAB 5 - 135221028.pdf
(242911 bytes)
File : KELENGKAPAN TA - 135221028.pdf
(548496 bytes)