Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2020

Perancangan Virtual Tour Bandung City Tour dan Pemasarannya Melalui Digital Marketing

Designing a Virtual Tour Bandung City Tour and Marketing it Through Digital Marketing

Tugas Akhir, 025 / 2020 / UPW
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2022-04-13 10:03:43
Oleh : Rizal 'Ul Fikri - 175221029 (rizal.ul.upw17@polban.ac.id)
Dibuat : 2022-04-13, dengan 4 file

Keyword : tours, virtual tours, tourism components
Subjek : wisata, virtual tour, komponen wisata

Pariwisata menjadi salah satu bidang yang terdampak pandemi Covid-19. Hal ini banyak menyebabkan kegiatan pariwisata menjadi terganggu. Fenomena tersebut membuat tren virtual tour menjadi semakin marak. Menurut Veganegi dan Zarghami (2015), virtual tour adalah kombinasi gambar, video, audio, dan komponen lainnya yang memodelkan suatu lokasi secara aktual. Virtual tour dirancang sebagai produk alternatif saat pandemi, media promosi, dan sarana edukasi. Kota Bandung dipilih sebagai destinasi karena memiliki nilai sejarah yang tinggi. Dengan demikian, Kota Bandung cocok digunakan sebagai media edukasi mengenai sejarah. Tujuan proyek ini adalah mengidentifikasi komponen virtual tour dan merancang paket wisata virtual tour Bandung City Tour. Langkah-langkah pembuatan proyek ini dimulai dengan mengidentifikasi komponen virtual tour melalui pendekatan 3A (attraction, amenity, accessibility). Atraksi wisata mencakup situs dan monumen bersejarah di Kota Bandung, amenitas mencakup komponen audio visual dan perlengkapan virtual tour, dan aksesibilitas mencakup penggunaan media dalam virtual tour. Tahap berikutnya adalah perancangan yang meliputi pembuatan distribution of time, itinerary, rute, komponen audio, komponen visual, narasi pemanduan, penghitungan harga, dan e-flyer. Pembuatan komponen audio visual menggunakan aplikasi google street view, google earth, aplikasi desain, dan open broadcasting software. Komponen-komponen tersebut dikombinasikan menggunakan microsoft power point dan diuji coba melalui aplikasi Zoom. Perancangan proyek ini menghasilkan luaran berupa paket wisata virtual tour Bandung City Tour, video simulasi, dan e-flyer yang disebarkan melalui internet sebagai media pemasaran. Jadi, proyek perancangan virtual tour Bandung City Tour memerlukan identifikasi komponen virtual tour dengan pendekatan 3A. Komponen tersebut disusun dan dikombinasikan menjadi suatu paket wisata virtual tour.

Deskripsi Alternatif :

Tourism sectors is one of the areas affected by the Covid-19 pandemic. This causes many tourism activities disrupted. This phenomenon has made virtual tour trend even more lively. According to Veganegi and Zarghami (2015), a virtual tour is a combination of images, video, audio, and other components that model an actual location. Virtual tour designed as an alternative product during pandemic, promotional media, and educational tools. The objective of this project is to identify the virtual tour component and design a virtual tour package for Bandung City Tour. This project started by identifying the virtual tour components through 3A approach (attraction, amenity, accessibility). Tourist attractions aspect include historical sites and monuments in Bandung. Amenities aspect include audio visual components and virtual tour equipment. Accessibility aspect includes the use of media in virtual tours. The next step is designing virtual tour. It includes making distribution of time, itinerary, route, audio component, visual component, guiding materials, price calculation, and e-flyer. The production of audio visual components use google street view application, google earth, design application, and open broadcasting software. These components are combined using Microsoft PowerPoint and tested through the Zoom application. This project resulted a virtual tour Bandung City Tour, virtual tour simulation video, and e-flyers distributed through internet as a marketing media. Designing Bandung City Tour virtual tour requires identification of the virtual tour components with the 3A approach. These components are compiled and combined into a virtual tour package.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Drs. Santosa Sanjaya, MMS.




    Pembimbing 2: Tamara Herlinda Erwin, Psi., M.Par., Editor: Muhammad Abdillah Islamy, S.Pd

Download...