Path: Top > Tugas Akhir - D3 > 2017 > Jurusan Teknik Elektro > Program Studi Teknik Elektronika > 2017

Perancangan Keseimbangan Kursi Transportasi Menggunakan Sistem Kendali PID

Design Of Balanced Transportation Chair Using PID Control System

Tugas Akhir, 041 / 2017 / TEL
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2018-01-16 09:42:00
Oleh : Rudi Setyawan - 141311058 (rudisettyawan@gmail.com)
Dibuat : 2018-01-16, dengan 4 file

Keyword : Keseimbangan, PID, Sumbu X, Sumbu Y
Subjek : Balance, PID, X Axis, Y Axis

Buruknya kondisi jalan di Indonesia merupakan permasalahan yang belum teratasi. Hal ini dapat menimbulkan kerugian bagi berbagai pihak. Terutama pengguna jalan akan terganggu kenyamanannya salah satunya menyebabkan keseimbangan kendaraan tidak stabil sehingga berpengaruh pada kemiringan tempat duduk dan tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan kecelakaan lalulintas. Seiring berkembangnya zaman, teknologi pun tak kalah canggihnya dapat mengatur keseimbangan dengan menggunakan metode PID. Maka untuk mengatasi kurangnya keseimbangan pada tempat duduk transportasi yang disebabkan oleh kerusakan jalan, di buatlah perancangan keseimbangan pada kursi menggunakan sistem kendali PID. Sistem ini dirancang agar dapat mengurangi ayunan pada sumbu X dan Y. Tuning parameter PID pada axis x dengan Kp = 300, Ti = 1.38, dan Td =0.345. Sedangkan pada axis y dengan Kp = 340, Ti = 5.64, dan Td =0.325. Kata kunci: Keseimbangan, PID, Sumbu X, Sumbu Y.

Deskripsi Alternatif :

The poor road condition in Indonesia is a unsolved problem. This can cause harm to various parties. Especially the road users will feel unpleasant for example cause instability on vehicle so that it cause the seat to tilted and it doesn't rule out the possibility that it will cause traffic accident. As the time progress, technology is advanced enough that it can control the stability using PID method. Then to overcome the instability on transportation seat that caused by damaged road, it need to be made a stability design on a seat using PID control system. The system designed fo reducing shock on x and y axis. PID tuning parameter on X axis is Kp = 300, Ti = 1.38, and Td =0.345. while the Y axis is Kp = 340, Ti = 5.64, and Td =0.325. Keywords: Balance, PID, X Axis, Y Axis.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTPPOLBAN
Organisasi
Nama KontakErlin Arvelina
AlamatJl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon022 201 3789 ext. 168, 169, 239
Fax022 201 3889
E-mail Administratorerlin.arvelina@polban.ac.id
E-mail CKOerlin.arvelina@polban.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • Pembimbing 1: Dr. Ir. Tolangowati Olii Kamil, B.Sc., M.T.

    Pembimbing 2: Dodi Budiman Margana, S.T., M.T., Editor: Erlin Arvelina

Download...