Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Konversi Energi > Program Studi Teknik Konversi Energi > 2004
PERBANDINGAN KINERJA SISTEM BAHAN BAKAR PRESSURE TIMING DENGAN SISTEM BAHAN BAKAR JENIS PLUNGER PADA MESIN DIESEL KTA-19C (STUDI KASUS DI PT. ALTRAK 1978, JAKARTA)
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-04-11 10:03:19
Oleh : Immanuel G I S (01221010), Polban
Dibuat : 2004, dengan 6 file
Keyword : Mesin Diesel, Bahan Bakar, Pressure Timing, Plunger, Performansi
Mesin diesel KTA-19C merupakan mesin diesel yang menggunakan sistem bahan bakar pressure timing. Sistem bahan bakar pressure timing berbeda dengan sistem bahan bakar yang umum digunakan mesin diesel yaitu sistem bahan bakar jenis plunger. Sistem bahan bakar pressure timing menggunakan pompa Pressure Timing untuk menghasilkan tekanan dengan waktu penyemprotan diatur oleh camshaft mesin itu sendiri. Jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan diatur oleh governor yang ada di dalam pompa Pressure Timing. Perbedaan pada sistem bahan bakar akan menyebabkan beberapa parameter prestasi mesin yang berbeda khususnya pada konsumsi bahan bakar. Setelah melakukan pengujian terhadap dua sistem bahan bakar yang berbeda pada mesin yang spesifikasinya sama didapatlah efisiensi termal dengan menggunakan sistem bahan bakar jenis plunger antara 35% - 38%, sedangkan efisiensi termal dengan menggunakan sistem bahan bakar pressure timing antara 35% - 37%. Daya poros yang dihasilkan mesin dengan menggunakan kedua sistem bahan bakar dengan torsi dan putara yang sama adalah 127 kW - 426kW.
Deskripsi Alternatif :Mesin diesel KTA-19C merupakan mesin diesel yang menggunakan sistem bahan bakar pressure timing. Sistem bahan bakar pressure timing berbeda dengan sistem bahan bakar yang umum digunakan mesin diesel yaitu sistem bahan bakar jenis plunger. Sistem bahan bakar pressure timing menggunakan pompa Pressure Timing untuk menghasilkan tekanan dengan waktu penyemprotan diatur oleh camshaft mesin itu sendiri. Jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan diatur oleh governor yang ada di dalam pompa Pressure Timing. Perbedaan pada sistem bahan bakar akan menyebabkan beberapa parameter prestasi mesin yang berbeda khususnya pada konsumsi bahan bakar. Setelah melakukan pengujian terhadap dua sistem bahan bakar yang berbeda pada mesin yang spesifikasinya sama didapatlah efisiensi termal dengan menggunakan sistem bahan bakar jenis plunger antara 35% - 38%, sedangkan efisiensi termal dengan menggunakan sistem bahan bakar pressure timing antara 35% - 37%. Daya poros yang dihasilkan mesin dengan menggunakan kedua sistem bahan bakar dengan torsi dan putara yang sama adalah 127 kW - 426kW.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | Polban |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing : Bambang Puguh M, ST, Editor:
Download...
File : lembar pengesahan.bmp
(904374 bytes)
File : abstrak.bmp
(555030 bytes)
File : abstract.bmp
(466294 bytes)
File : daftar isi 1.bmp
(957866 bytes)
File : daftar isi 2.bmp
(927738 bytes)
File : daftar pustaka.bmp
(341758 bytes)