Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Konversi Energi > Program Studi Teknik Konversi Energi > 2004
PENGARUH PUTARAN TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN AVL - 5401 (STUDI KASUS DI LABORATORIUM MOTOR BAKAR P2 TELIMEK - LIPI)
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-04-11 10:03:19
Oleh : Titan Ristiani Santika (01221041), Polban
Dibuat : 2004, dengan 7 file
Keyword : Mesin Bensin, Putaran, Performansi
Dilakukan banyak cara agar performansi motor bensin bisa meningkat. Salah satu caranya yaitu menentukan daerah putaran terbaik, dimana pada putaran tersebut dihasilkan daya poros yang optimal dengan konsumsi bahan bakar yang minimal serta pengaruhnya terhadap parameter-parameter performansi motor bensin, seperti tekanan efektif, torsi, daya poros, konsumsi bahan bakar spesifik serta efisiensi termal. Untuk mempermudah dalam pengujian, dipilih motor bensin satu silinder VL-5401 yang telah dilengkapi EMS (Engine Management System) yang menggunakan ECU (Electronic Control Unit). Sistem manajemen mesin ini terdiri dari perangkat lunak menggunakan program GEMSCOM.EXE dan perangkat keras terdiri dari komponen-komponen elektronik yang terdapat dalam ECU dan PC. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa pada putaran 2000 rpm akan mencapai daya poros optimal dengan konsumsi bahan bakar minimal serta efisiensi termal tinggi.
Deskripsi Alternatif :Dilakukan banyak cara agar performansi motor bensin bisa meningkat. Salah satu caranya yaitu menentukan daerah putaran terbaik, dimana pada putaran tersebut dihasilkan daya poros yang optimal dengan konsumsi bahan bakar yang minimal serta pengaruhnya terhadap parameter-parameter performansi motor bensin, seperti tekanan efektif, torsi, daya poros, konsumsi bahan bakar spesifik serta efisiensi termal. Untuk mempermudah dalam pengujian, dipilih motor bensin satu silinder VL-5401 yang telah dilengkapi EMS (Engine Management System) yang menggunakan ECU (Electronic Control Unit). Sistem manajemen mesin ini terdiri dari perangkat lunak menggunakan program GEMSCOM.EXE dan perangkat keras terdiri dari komponen-komponen elektronik yang terdapat dalam ECU dan PC. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa pada putaran 2000 rpm akan mencapai daya poros optimal dengan konsumsi bahan bakar minimal serta efisiensi termal tinggi.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | Polban |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing : Maridjo, MT, Editor:
Download...
File : lembar pengesahan.bmp
(1103990 bytes)
File : abstrak.bmp
(446326 bytes)
File : abstract.bmp
(378798 bytes)
File : daftar isi 1.bmp
(825582 bytes)
File : daftar isi 2.bmp
(851022 bytes)
File : daftar isi 3.bmp
(180678 bytes)
File : daftar pustaka.bmp
(415638 bytes)