Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2006
ANALISIS MOTIVASI WISATAWAN BERKUNJUNG KE KAWASAN WISATA BATURADEN-PURWOKERTO
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2015-11-18 09:21:37
Oleh : Bunga Asriandhini (03721005), Polban (nice_dee86@plasa.com, jingga86@yahoo.com)
Dibuat : 2006-09-25, dengan 1 file
Keyword : Motivasi Wisatawan
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap sejauh mana motivasi wisatawan berkunjung ke kawasan wisata Baturaden. Di samping itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis motivasi apa yang paling memotivasi dan yang paling tidak memotivasi wisatawan untuk berkunjung ke Baturaden. Menurut McIntosh dan Goeldner (dalam Ross, 1998), motivasi dibagi ke dalam empat komponen, yaitu motivasi fisik, motivasi budaya, motivasi antarpribadi, dan motivasi status dan martabat. Melalui penelitian yang menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis frekuensi ini, akan diketahui hasil dari masing-masing komponen, sehingga akan terlihat komponen manakah yang paling memotivasi wisatawan untuk berkunjung. Adapun hasil dari penelitian ini didapat rata-rata secara keseluruhan adalah 3,47 yang berarti wisatawan menganggap bahwa objek-objek wisata serta aktifitas yang disajikan di kawasan wisata Baturaden mampu memotivasi. Walaupun dapat memotivasi, masih terdapat wisatawan yang kurang atau tidak termotivasi untuk berkunjung. Hal tersebut ditunjukkan oleh jawaban wisatawan berskala 1 dan 2.
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap sejauh mana motivasi wisatawan berkunjung ke kawasan wisata Baturaden. Di samping itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis motivasi apa yang paling memotivasi dan yang paling tidak memotivasi wisatawan untuk berkunjung ke Baturaden. Menurut McIntosh dan Goeldner (dalam Ross, 1998), motivasi dibagi ke dalam empat komponen, yaitu motivasi fisik, motivasi budaya, motivasi antarpribadi, dan motivasi status dan martabat. Melalui penelitian yang menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis frekuensi ini, akan diketahui hasil dari masing-masing komponen, sehingga akan terlihat komponen manakah yang paling memotivasi wisatawan untuk berkunjung. Adapun hasil dari penelitian ini didapat rata-rata secara keseluruhan adalah 3,47 yang berarti wisatawan menganggap bahwa objek-objek wisata serta aktifitas yang disajikan di kawasan wisata Baturaden mampu memotivasi. Walaupun dapat memotivasi, masih terdapat wisatawan yang kurang atau tidak termotivasi untuk berkunjung. Hal tersebut ditunjukkan oleh jawaban wisatawan berskala 1 dan 2.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | Polban |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Santosa Sanjaya, MMS, Editor:
Download...
File : 01-2006-UPW.pdf
(569939 bytes)