Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2005
PENANGANAN ISSUING DAN PEMBATALAN TIKET PESAWAT DOMESTIK DI PT. SETIABUDHI GRAHA MANDIRI TOUR & TRAVEL
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2015-11-18 09:21:36
Oleh : Fanny Rismansyah (02721008), Polban (satria_arif83@yahoo.co.uk)
Dibuat : 2006-09-06, dengan 1 file
Keyword : Reservasi, Biro Perjalanan Wisata, Issuing Tiket, Pembatalan Tiket
ABSTRAK
Tugas Akhir ini berjudul "Penanganan Issuing dan Pembatalan Tiket Pesawat Domestik di PT. Setiabudhi Graha Mandiri Tour & Travel". Tujuannya adalah untuk mengetahui tentang penanganan issuing dan pembatalan tiket pesawat domestik, penanganan dokumen yang digunakan, penggunaan fasilitas, dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi selama penanganan issuing dan pembatalan tiket pesawat domestik. Cara yang digunakan dalam laporan Tugas Akhir ini adalah secara deskriptif dimana dalam tugas akhir dijelaskan semua prosedur yang hares dilaksanakan dalam penanganan issuing dan pembatalan tiket pesawat domestik berdasarkan hasil pengamatan dan pengumpulan data yang dilakukan selama pelaksanaan praktik kerja. Hasil yang diperoleh bahwa di dalam issuing tiket pesawat domestik diperlukan sistem dan prosedur. Sistem yang digunakan dalam issuing tiket (pada saat rekonfirmasi tiket) terdiri dari dua macam, yakni sistem reservasi on-line dan manual. Rekonfirmasi menjadi salah satu prosedur mutlak yang hares dilakukan, tanpa itu reservasi akan dibatalkan oleh maskapai. Prosedur lain yang hares dilakukan adalah membacakan reservasi saat sebelum rekonfirmasi, sebelum dan sesudah tiket itu di-issued. Hal ini untuk meminimalkan terjadinya kesalahan. Dalam proses issuing tiket pesawat diperlukan ketelitian, setiap kesalahan yang dilakukan dapat merugikan perusahaan, petugas tiketing dan juga calon penumpang itu sendiri. Dalam penanganan pembatalan tiket pesawat domestik, diketahui ada salah satu jenis pembatalan yakni pembatalan untuk kembali uang, dimana setiap tiket pesawat yang dibatalkan, konsumen akan memperoleh kembali sebagian uang yang sudah dibayarkannya, tetapi tidak semua tiket pesawat dapat dibatalkan. Ada syarat agar sebuah tiket pesawat dapat dibatalkan, yakni: belum melewati masa berlaku tiket, status reservasi tiket dibatalkan kemudian tiket diberi cap cancel, hanya tiket dengan masa berlaku 14 hari ke atas yang dapat dibatalkan, dan flight coupon masih ada (belum digunakan sama sekali). Dokumen yang digunakan dalam issuing tiket pesawat domestik meliputi: reservation card, letter of guarantee, invoice, tiket pesawat, air tariff, dan print-out, sedangkan dalam pembatalan tiket pesawat domestik yakni: refund advice, refund money receipt, dan refund application letter. Fasilitas yang digunakan dalam issuing tiket pesawat domestik terdiri dari komputer, telepon, koneksi internet, alat tulis kantor, printer, sistem reservasi on-line, dan credit card machine, sedangkan dalam pembatalan tiket pesawat domestik yaitu: telepon, komputer, alat tulis kantor, printer, dan sepeda motor. Dalam penanganan issuing tiket ditemukan sejumlah kendala misalnya kesalahan dalam reservasi, reservasi yang tercancel karena terkena time-limit, kekurangan persediaan tiket, gangguan pada saat rekonfirmasi tiket secara on-line dan manual, waktu yang lama pada saat issued tiket, dan kesalahan dalam issuing tiket, sementara dalam pembatalan tiket pesawat domestikk yaitu: ketidakpastian besarnya uang refund, proses refund yang cukup lama, dan tidak semua tiket pesawat dapat dibatalkan untuk refund.
ABSTRAK
Tugas Akhir ini berjudul "Penanganan Issuing dan Pembatalan Tiket Pesawat Domestik di PT. Setiabudhi Graha Mandiri Tour & Travel". Tujuannya adalah untuk mengetahui tentang penanganan issuing dan pembatalan tiket pesawat domestik, penanganan dokumen yang digunakan, penggunaan fasilitas, dan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi selama penanganan issuing dan pembatalan tiket pesawat domestik. Cara yang digunakan dalam laporan Tugas Akhir ini adalah secara deskriptif dimana dalam tugas akhir dijelaskan semua prosedur yang hares dilaksanakan dalam penanganan issuing dan pembatalan tiket pesawat domestik berdasarkan hasil pengamatan dan pengumpulan data yang dilakukan selama pelaksanaan praktik kerja. Hasil yang diperoleh bahwa di dalam issuing tiket pesawat domestik diperlukan sistem dan prosedur. Sistem yang digunakan dalam issuing tiket (pada saat rekonfirmasi tiket) terdiri dari dua macam, yakni sistem reservasi on-line dan manual. Rekonfirmasi menjadi salah satu prosedur mutlak yang hares dilakukan, tanpa itu reservasi akan dibatalkan oleh maskapai. Prosedur lain yang hares dilakukan adalah membacakan reservasi saat sebelum rekonfirmasi, sebelum dan sesudah tiket itu di-issued. Hal ini untuk meminimalkan terjadinya kesalahan. Dalam proses issuing tiket pesawat diperlukan ketelitian, setiap kesalahan yang dilakukan dapat merugikan perusahaan, petugas tiketing dan juga calon penumpang itu sendiri. Dalam penanganan pembatalan tiket pesawat domestik, diketahui ada salah satu jenis pembatalan yakni pembatalan untuk kembali uang, dimana setiap tiket pesawat yang dibatalkan, konsumen akan memperoleh kembali sebagian uang yang sudah dibayarkannya, tetapi tidak semua tiket pesawat dapat dibatalkan. Ada syarat agar sebuah tiket pesawat dapat dibatalkan, yakni: belum melewati masa berlaku tiket, status reservasi tiket dibatalkan kemudian tiket diberi cap cancel, hanya tiket dengan masa berlaku 14 hari ke atas yang dapat dibatalkan, dan flight coupon masih ada (belum digunakan sama sekali). Dokumen yang digunakan dalam issuing tiket pesawat domestik meliputi: reservation card, letter of guarantee, invoice, tiket pesawat, air tariff, dan print-out, sedangkan dalam pembatalan tiket pesawat domestik yakni: refund advice, refund money receipt, dan refund application letter. Fasilitas yang digunakan dalam issuing tiket pesawat domestik terdiri dari komputer, telepon, koneksi internet, alat tulis kantor, printer, sistem reservasi on-line, dan credit card machine, sedangkan dalam pembatalan tiket pesawat domestik yaitu: telepon, komputer, alat tulis kantor, printer, dan sepeda motor. Dalam penanganan issuing tiket ditemukan sejumlah kendala misalnya kesalahan dalam reservasi, reservasi yang tercancel karena terkena time-limit, kekurangan persediaan tiket, gangguan pada saat rekonfirmasi tiket secara on-line dan manual, waktu yang lama pada saat issued tiket, dan kesalahan dalam issuing tiket, sementara dalam pembatalan tiket pesawat domestikk yaitu: ketidakpastian besarnya uang refund, proses refund yang cukup lama, dan tidak semua tiket pesawat dapat dibatalkan untuk refund.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | Polban |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Katharina Priyatiningsih, M.Si, Editor:
Download...
File : 25-2005-UPW.pdf
(1263169 bytes)