Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Administrasi Niaga > Program Studi Usaha Perjalanan Wisata > 2005
PENANGANAN WISATAWAN INBOUND DI PT BALI MEGAH WISATA
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2015-11-18 09:21:36
Oleh : Usep Juhartono (02721028), Polban
Dibuat : 2006-09-06, dengan 1 file
Keyword : Biro Perjalanan Wisata, Penanganan Wisatawan
ABSTRAK
Tugas Akhir ini menjelaskan mengenai penanganan wisatawan inbound di PT Bali Megah Wisata yang berlokasi di J1.Raya By Pass Ngurah Rai 20X Kuta - Denpasar 80361. Ruang lingkup tugas akhir ini untuk mengetahui bagaimana prosedur dalam menangani wisatawan inbound oleh departemen operasional di PT Bali Megah Wisata, jenis pekerjaan yang dilakukan, dokumen-dokumen yang digunakan, dan hambatan yang dihadapi ketika menangani wisatawan inbound. Berdasarkan hasil praktik kerja yang dilakukan penulis, diketahui bahwa prosedur penanganan wisatawan inbound dilakukan berdasarkan tahapan sistematis (check points), dan dijalankan oleh pramuwisata dan staf airport handling sebagai staf lapangan yang berhubungan langsung dengan wisatawan ketika mereka tiba di bandara sampai kembali ke tempat asal. Departemen Operasional bertanggung jawab terhadap segala kebutuhan dan keselamatan wisatawan di destinasi wisata. Dokumen-dokumen yang digunakan oleh departemen operasional dalam menangani wisatawan inbound adalah guide instruction, transport order, final service, voucher, dan kuesioner. Dokumen tersebut sesuai dengan tahapan kerja, tetapi terdapat beberapa hambatan yang dihadapi oleh departemen operasional seperti ketidaktepatan waktu, dan kesalahan informasi antara staf inbound operasional, departemen reservasi dan pramuwisata mengenai informasi wisatawan.
ABSTRAK
Tugas Akhir ini menjelaskan mengenai penanganan wisatawan inbound di PT Bali Megah Wisata yang berlokasi di J1.Raya By Pass Ngurah Rai 20X Kuta - Denpasar 80361. Ruang lingkup tugas akhir ini untuk mengetahui bagaimana prosedur dalam menangani wisatawan inbound oleh departemen operasional di PT Bali Megah Wisata, jenis pekerjaan yang dilakukan, dokumen-dokumen yang digunakan, dan hambatan yang dihadapi ketika menangani wisatawan inbound. Berdasarkan hasil praktik kerja yang dilakukan penulis, diketahui bahwa prosedur penanganan wisatawan inbound dilakukan berdasarkan tahapan sistematis (check points), dan dijalankan oleh pramuwisata dan staf airport handling sebagai staf lapangan yang berhubungan langsung dengan wisatawan ketika mereka tiba di bandara sampai kembali ke tempat asal. Departemen Operasional bertanggung jawab terhadap segala kebutuhan dan keselamatan wisatawan di destinasi wisata. Dokumen-dokumen yang digunakan oleh departemen operasional dalam menangani wisatawan inbound adalah guide instruction, transport order, final service, voucher, dan kuesioner. Dokumen tersebut sesuai dengan tahapan kerja, tetapi terdapat beberapa hambatan yang dihadapi oleh departemen operasional seperti ketidaktepatan waktu, dan kesalahan informasi antara staf inbound operasional, departemen reservasi dan pramuwisata mengenai informasi wisatawan.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | Polban |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Hennidah Karnawati, Dra, Editor:
Download...
File : 22-2005-UPW.pdf
(491879 bytes)