Path: Top > Tugas Akhir - D3 > Jurusan Teknik Konversi Energi > Program Studi Teknik Konversi Energi > 2006
PENGUJIAN KINERJA MESIN DIESEL PERKINS MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR CAMPURAN SOLAR DAN MINYAK TANAH
Undergraduate Theses from JBPTPPOLBAN / 2017-04-11 10:03:21
Oleh : Adam Sumarto (02222003), Polban
Dibuat : 2007-04-09, dengan 1 file
Keyword : Mesin Diesel, Solar, Minyak Tanah
ABSTRAK
Pengujian dilakukan untuk mengidentifikasi kinerja mesin diesel berbahan bakar solar dengan bahan bakar campuran solar-minyak tanah, dengan kandungan minyak tanah sebesar 30%, 50%, dan 70%. Pengujian dilakukan pada throttle 75% dengan variasi putaran dan beban. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh kinerja untuk bahan bakar solar, campuran solar-minyak tanah 30%, campuran solar-minyak tanah 50%, dan campuran solar-minyak tanah 70% (pada kondisi sama) berturut-turut adalah daya poros (Ne) sebesar 7,091 kW; 7,065 kW; 7,065 kW; 7,065 kW, pemakaian bahan bakar spesifik (Be) sebesar 2,63kg/kWh; 2,71kg/kWh; 2,74kg/kWh; 2,73kg/kWh, efisiensi thermal (ŋth,) 12,01%; 11,69%; 11,61%; 11,50%. Sedangkan kandungan jelaga pada gas buang mesin diesel berturut-turut sebesar 22%, 19%, 21%, 19%. Dari data diatas dapat diketahui bahwa kinerja mesin diesel dari ketiga jenis bahan bakar tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan, namun dapat diketahui pula bahwa kinerja terbaik mesin diesel dihasilkan oleh penggunaan bahan bakar solar. Namun kandungan jelaga pada gas buang yang dihasilkan oleh mesin diesel dengan penggunaan bahan bakar campuran menunjukan tingkat pencemaran terhadap lingkungan lebih sedikit dibandingkan dengan pada pemakaian bahan bakar solar.
ABSTRAK
Pengujian dilakukan untuk mengidentifikasi kinerja mesin diesel berbahan bakar solar dengan bahan bakar campuran solar-minyak tanah, dengan kandungan minyak tanah sebesar 30%, 50%, dan 70%. Pengujian dilakukan pada throttle 75% dengan variasi putaran dan beban. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh kinerja untuk bahan bakar solar, campuran solar-minyak tanah 30%, campuran solar-minyak tanah 50%, dan campuran solar-minyak tanah 70% (pada kondisi sama) berturut-turut adalah daya poros (Ne) sebesar 7,091 kW; 7,065 kW; 7,065 kW; 7,065 kW, pemakaian bahan bakar spesifik (Be) sebesar 2,63kg/kWh; 2,71kg/kWh; 2,74kg/kWh; 2,73kg/kWh, efisiensi thermal (ŋth,) 12,01%; 11,69%; 11,61%; 11,50%. Sedangkan kandungan jelaga pada gas buang mesin diesel berturut-turut sebesar 22%, 19%, 21%, 19%. Dari data diatas dapat diketahui bahwa kinerja mesin diesel dari ketiga jenis bahan bakar tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan, namun dapat diketahui pula bahwa kinerja terbaik mesin diesel dihasilkan oleh penggunaan bahan bakar solar. Namun kandungan jelaga pada gas buang yang dihasilkan oleh mesin diesel dengan penggunaan bahan bakar campuran menunjukan tingkat pencemaran terhadap lingkungan lebih sedikit dibandingkan dengan pada pemakaian bahan bakar solar.
Beri Komentar ?#(0) | Bookmark
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | JBPTPPOLBAN |
Organisasi | Polban |
Nama Kontak | Erlin Arvelina |
Alamat | Jl. Trsn. Gegerkalong Hilir Ds. Ciwaruga |
Kota | Bandung |
Daerah | Jawa Barat |
Negara | Indonesia |
Telepon | 022 201 3789 ext. 168, 169, 239 |
Fax | 022 201 3889 |
E-mail Administrator | erlin.arvelina@polban.ac.id |
E-mail CKO | erlin.arvelina@polban.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- Pembimbing: Tina Mulya Gantina, MT, Editor:
Download...
File : 37-2006-TE.pdf
(504765 bytes)